tears stream down her face

Sebenernya kejadian ini udah sekitar 2-3 minggu yang lalu. Jadi beberapa hari setelah UTS, rapot bayangan atau rapot pra blp dibagikan. Hasil rapot gue itu ada yang ga tuntas nilainya tapi gak terlalu banyak. Bokap cuma bilang, "Kamu kejar gurunya yaa buat perbaikan". Lalu pada sore menjelang malam hari, nyokap mau liat hasil rapot gue. Gue liat wajah nyokap udah kecewa banget, pasti karena ngeliat hasil rapot adek gue yang.....bisa dibilang ancur banget karena banyak nilai yang ga tuntas. Pas nyokap ngeliat ada nilai yang ga tuntas di rapot gue.......habislah gue dimarahin nyokap. Terus karena nilai ips gue masih ada yang ga tuntas, nyokap langsung nyindir gue dengan 'kamu mau masuk ips cuma karena pengen main aja kan?'.

Malamnya, gue, adek gue, dan bokap lagi pada duduk di meja makan. Nyokap tiba-tiba turun dan duduk di salah satu bangku di meja makan. Kemudian nyokap marahin gue dan adek gue karna nilai rapotnya ada yang ga tuntas. Lalu yang bikin gue kaget adalah..........tiba-tiba nyokap nangis. Suasana menjadi semakin tegang. Sambil menangis, nyokap mengeluarkan segala unek-uneknya dan gue bener-bener cuma bisa diem dan nahan air mata. Setelah nyokap ngeluarin unek-uneknya, nyokap naik lagi ke atas, ke kamarnya. Beberapa saat kemudian gue juga naik ke kamar gue dan nangis.

Gimana sih rasanya melihat orang tua kita, terutama ibu kandung kita sendiri, tiba-tiba menangis di depan mata kita. Yang lebih parahnya lagi, jika seorang ibu menangis karna kesalahan yang kita perbuat, karna kita membuatnya kecewa. Melihat nyokap nangis gitu, gue langsung merasa bersalah banget. Kenapa sih gue harus ngecewain nyokap sampe bikin nyokap nangis? Sebenernya sih kalo diliat rapot gue itu nilainya bagus-bagus dan bisa dibilang meningkat dari rapot2 sebelumnya. Cuma karna ada yang ga tuntasnya aja yang bikin nyokap kecewa.

Setelah kejadian itu, gue jadi berusaha untuk mengatur supaya nilai-nilai gue bisa bagus semua tanpa ada yang perbaikan. Gue mencoba menghilangkan rasa males yang selama ini mengganggu belajar. Jelas gue ga mau kalo kejadian itu sampe terulang lagi. Ma, Pa, mungkin untuk saat ini aku hanya bisa mengecewakan kalian. Tapi aku akan selalu berusaha untuk membuat mama sama papa bisa tersenyum bangga suatu saat nanti. Jangan pernah lelah untuk membimbing anak-anaknya supaya jadi lebih baik lagi. I love you both so much!

Comments