see the world


Gue pengen banget yang namanya keliling dunia! Ya, mungkin hampir semua orang pengen keliling dunia. Yang namanya keliling dunia udah pasti termasuk keliling Indonesia juga. Gue belum pernah ke daerah-daerah di luar Pulau Jawa selain Bali, dan satu-satunya negara yang pernah gue kunjungi di luar Indonesia hanya Singapura. Mau liburan ke tempat yang lebih jauh tapi duit ortu terbatas banget ya sudahlah disyukuri saja. “Pokoknya kalo udah gede dan punya duit gue harus bisa keliling dunia!”, kata-kata itu udah gue simpen di otak dan bakal gue inget terus sampai keinginan gue tercapai. Kalo lagi musimnya liburan, jujur gue suka ngiri sama orang yang bisa berpergian ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungin, THEY’RE SO DAMN LUCKY AAARGGHHH*lempar bom atom* rasanya pengen banget bisa tukeran tempat dengan mereka biar gue bisa liburan ke tempat-tempat yang gue pengen kunjungin. Tapi gue percaya nanti ada waktunya buat gue untuk ngerasain.

Kenapa gue pengen keliling dunia? Jawaban simpelnya ya karena pengen tau di tempat tersebut ada apa aja. Jawaban panjangnya karena gue pengen tau kayak gimana sih tempat-tempat yang paling wajib dikunjungi, tempat paling bersejarah atau tempat yang menawarkan pemandangan wah dan sejarah bagaimana tempat-tempat tersebut bisa ada, pokoknya pengen gue kupas tuntas sampai ke akar-akarnya*lebay*. Kedua, gue juga penasaran apa sih makanan khas yang bisa ditemuin di daerah atau negara tersebut dan kalo punya duit terus makanannya halal tentu saja gue mau cobain. Selain tempat dan makanan, gue juga pengen tau tentang budaya suatu daerah di Indonesia atau di negara tersebut.

Nah kalo gue udah kesampean keliling dunia, gue pengen membawa petualangan gue itu ke dalam tulisan entah dijadiin artikel di majalah, koran, blog bahkan kalo bisa dibukuin deh (amiiinn!!!). Gue pengen orang lain bisa tau tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, hal-hal yang belum diketahui. Gue juga pengen bisa mengembangkan pariwisata di Indonesia, supaya orang-orang diluar sana bisa tau apa sih Indonesia dan tertarik buat ngunjungin. Karena menurut gue, salah satu cara paling ampuh buat memajukan Indonesia adalah dari pariwisatanya.

Setiap gue mikirin tentang masa depan gue entah itu kuliah atau pekerjaan, yang terpikir di otak gue pasti begini, “pokoknya yang bisa bikin gue keliling dunia!”. Kalo udah kayak gitu kadang gue jadi bingung mulainya darimana kalo gue pengen mencapai hal tersebut.
Waktu ada seminar di sekolah gue, ada satu pembicara yang bilang kalo kita tuh harus tau apa sih dunia sekitar kita itu. Nah dengan kita mengunjungi suatu tempat, kita jadi tau bagaimana keadaan disana, kita jadi tau permasalahan apa yang ada di dunia dan menjadi tau apa kontribusi kita untuk negara dan dunia. Oh ya, ada salah satu quote menarik dari film The Secret Life of Walter Mitty yang bikin gue makin pengen keliling dunia.

“To see the world, things dangerous to come to, to see behind walls, draw closer, to find each other and to feel. That is the purpose of life.”


*PS: lo harus nonton filmnya! Itu bagus banget!

Comments