a brand new life

Tak terasa sudah 1 bulan lamanya gue menjalani kehidupan baru gue sebagai mahasiswa. Belum sepenuhnya mahasiswa sih, bisa dibilang masih dalam masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Selama masa transisi ini, banyak hal yang terjadi mulai dari gue di ospek dan ketemu teman-teman baru sampai dengan malam ini dimana gue lagi kebingungan sama tugas mata kuliah Creative Writing*garuk-garuk kepala*. Dan banyak yang bisa dijadikan pelajaran untuk hari esok dan hari-hari berikutnya.

"Berubah, kritis, bertanggung jawab!" 

3 kata yang gue dan teman-teman ucapkan di malam terakhir ospek. Menyadarkan kami apa yang harus kami tanamkan dalam diri kami agar menjadi seorang pribadi yang dinamakan dengan MAHASISWA. Jujur menurut gue untuk menjadi seorang mahasiswa tuh gak mudah. Apalagi kalo lu gak punya pengalaman apa-apa yang bisa jadi pegangan lu ketika kuliah atau dengan kata lain selama SMA nya lu kurang aktif. Inilah yang gue alami. Gue datang ke dunia mahasiswa dengan membawa pribadi gue yang seperti ini: gue ini orangnya pemalu banget, gak pede, gampang minder dan bisa dibilang gue gak lancar kalo lagi ngomong atau yang lebih jelasnya gue sulit mengungkapkan sesuatu dengan berbicara. Terus lu mencoba untuk berubah gak mel? Ya dong, masa gue gak berubah. Gue selalu mencoba untuk berubah meskipun terkadang ada sesuatu yang bisa menggoyahkan gue. Contohnya saat gue melihat orang-orang di sekitar gue jauh lebih mampu dibandingkan gue, rasa minder akan muncul perlahan-lahan. Terkadang kalo udah kayak gitu, gue pasti akan bertanya-tanya, "Gue salah masuk jurusan gak sih?" atau gak "Kok dia bisa, kenapa gue gak bisa?" dengan tampang gue yang melas. Dan yang bisa gue lakukan selanjutnya adalah mencoba menyingkirkan semua itu dan yakinin diri gue sendiri kalo gue bisa berubah. 

Buat yang masih menikmati masa SMA nya gue saranin sih nikmatin sepuasnya sebelum masa itu habis tapi di sisi lain harus prepare juga buat kuliah nanti. Percaya deh, kalian nanti pasti bakal kangen sama dunia SMA dan rasanya ingin mengulang kembali masa-masa dimana kalian bisa bercanda sepuasnya bareng teman-teman di SMA. Jangan kaget saat kalian lagi iseng lihat-lihat foto kalian pas SMA, kalian bakal ngomong "Ah, jadi kangen SMA deh...". Begitu masuk dunia perkuliahan semuanya bakal berubah menjadi serius, udah gak bisa main-main lagi lah sama setiap keputusan yang kita ambil, harus kritis. Di SMA, kita berusaha demi diri kita sendiri. Saat kita menjadi mahasiswa, semua usaha yang kita lakukan gak cuma untuk kita sendiri, tapi juga untuk orang lain, untuk masyarakat karena mahasiswa dipersiapkan untuk berkontribusi di dalam masyarakat dan menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara. So, be prepared guys!

Selama sebulan ini pula, gue juga bertemu dengan teman-teman baru yang pada awalnya gue kira bakalan susah buat kompak dan ternyata gue salah besar. Pas briefing ospek, gue berkenalan dengan orang-orang yang bakal berdampingan bareng gue selama 3 hari ospek. Awalnya sih rada canggung ya dan gue sempat takut kalo kelompok gue ini gak kompak. Tapi setelah melewati kurang lebih seminggu masa-masa perkenalan di kampus, gue senang banget karena bisa mendapatkan teman pertama yang berkesan banget dan sampai sekarang pun sebagian dari kita masih suka ngumpul kalo lagi istirahat. Senang juga bisa kenalan sama kakak PIC a.k.a mentor gue yang baik hati, Kak Daniella Jeslynn! We love you sis! Haha. Oh ya, nama kelompok gue waktu itu adalah Garnet. Pokoknya cinta banget deh sama Garnet!


Nah, video di atas ini adalah sekilas perjuangan Garnet dalam menghadapi segala tugas yang diberikan sama bro dan sis panitia ospek. Gue akuin tugasnya ribet banget asli kita sampai begadang, tidur pun cuma sejam pas H-1 ospek. Sebenarnya yang bikin ribet itu sih atributnya, tapi gapapa sih gara-gara itu juga bisa jadi makin dekat sama anak-anak Garnet :)

Garnet, istimewa!
Selain bertemu dengan Garnet, gue juga dipertemukan dengan orang-orang yang saat ini belajar bersama gue menikmati kerasnya dunia perkuliahan yaitu kelas I1! I1 ini gue rasa isinya makhluk-makhluk galau semua ya soalnya nih di grup LINE itu tiap hari ada aja yang ngeshare picture galau dan rata-rata sumbernya pasti dari Dagelan, akun Instagram yang lagi ngehits banget di kalangan anak muda yang isinya random banget. Lebih lanjutnya mengenai kelas I1 bakal gue share di postingan berikutnya karena gue udah ngantuk banget pengen cepet-cepet tarik selimut.

I'll catch you later and..........SALAM UMN! Karya terbaik untuk almamater, persada, sesama!

Comments