short getaway to malang (part 1)

20 Desember 2015
Stasiun Gambir, sekitar pukul 16.30.
Kalau ada yang pergi, pasti ada yang mengantar. Kalau ada yang datang, pasti ada yang menyambut. Kurang lebih seperti itulah suasana yang menyambut gua di Stasiun Gambir sore itu. Kerumunan orang yang entah akan berpergian, baru saja kembali, atau pun yang sekedar mengantar atau menjemput memenuhi tiap sudut stasiun (sampai tempat makannya aja rame loh). Karena sejak tadi perut sudah berteriak minta asupan, gua terus mencari tempat yang masih menyisakan bangku kosongnya dan CFC mendengar suara perut ini. Lalu, gua langsung memesan dan segera melahap santapan karena jadwal keberangkatan gua jam 17.45 dan gua belum nyetak tiketnya HEHE (the power of dadakan abis ye). Mendekati waktu keberangkatan, gua pun bergegas menuju pintu masuk pengecekan tiket. Tak lupa gua pamit sama bokap yang sudah meluangkan waktunya untuk nganterin anak perempuannya ini.
Waktu menunjukkan pukul 17.45, KA Eksekutif Gajayana berangkat membawa gua menuju satu kota yang terletak di timur Jawa, Malang. Bapak yang duduk di sebelah gua langsung memejamkan matanya begitu kereta berjalan. Ah, sebenarnya gua berharap yang duduk di sebelah gua adalah lelaki muda, kan siapa tau bisa kenalan(??) #lah. Oh ya, ini adalah pertama kalinya gua pergi ke luar kota sendirian. Tapi tenang aja, di Malangnya gua ngga mungkin sendiri lah seperti yang gua bilang di awal kalau ada datang, pasti ada yang menyambut. Siapapun itu orangnya, ea. Ternyata perjalanan tidak begitu menyenangkan. Rasa jenuh datang melanda, dinginnya suhu di dalam kereta sungguh membuat gua ngga nyaman padahal udah selimutan, kepala udah pake beanie hat bahkan masker pun sampe gua pake biar anget. Kalo udah kedinginan gitu enaknya sih ada yang meluk. Biar anget. HAHA.

21 Desember 2015
Malang
Setelah melewati kurang lebih 16 jam perjalanan, akhirnya KA Eksekutif Gajayana berhenti di tujuan terakhirnya, Stasiun Malang. Akhirnya, gua bisa menginjakan kaki di kota yang kata teman gua banyak kulinernya ini. Namun, gua pun harus menunggu lebih lama karena temen gua yang mau jemput belum dateng. Sekitar 45 menit kemudian, setelah menunggu cukup lama, gua dipertemukan dengan teman gua yang bernama Adyza beserta Uta yang menjemputku. Teman gua bilang Malang lagi panas dan emang siang itu gua merasa panas, sama sekali tidak merasakan hawa adem seperti yang ada di bayangan gua sebelumnya.
Skip.
Skip.
Gua dan Dyza finally mendarat di kamar kosan Dyza untuk sekedar ngadem, tapi ngga bisa lama-lama karena teman gua yang lain bernama Syafira akan menjemput kita berdua. Abis itu, ada seseorang yang juga harus kita jemput dan bakalan menggantikan Syafira sebagai supir kita yaitu….omnya Dyza yang udah duluan liburan di Malang. Mungkin om yang ada di bayangan kalian adalah sosok pria berumur 30 tahun ke atas yang akan menjaga tiga bocah ingusan ini, namun nyatanya omnya Dyza ini baru aja dapet gelar sarjana. Alias masih seger banget dan terlalu muda buat dipanggil om. Tapi ya lelaki yang akrab dipanggil dengan Dio ini emang udah menjabat panggilan om dari Dyza kecil. Lalu, perjalanan kami menuju Museum Angkut dimulai sambil menikmati seblak yang pedes banget di lidah gua. Belum apa-apa, baru juga kenalan, kedua teman gua (yang brengsek) ini bertanya ke Dio, “Mirip Sadness ga?” sambil nunjuk gua. Dio yang saat itu sedang mengemudi sempat-sempatnya menengok ke belakang cuma buat liat gua mirip Sadness atau engga. Sempet aja loh. Then he said, “Eh mirip” and I was like…..OKEDEH.
Sekedar ngasih tau (baca: curhat), sejak film animasi keluaran Disney Pixar, Inside Out keluar satu per satu temen di kelas bilang gua mirip sama salah satu tokohnya yang bernama Sadness. Iya, yang biru itu, yang pake kacamata, gendut dan pake baju turtleneck. Seiring waktu berlalu, yang tadinya:
“Mel lu mirip deh ama Sadness yang di Inside Out” kata orang.
jadi...
“Eh dia mirip ga ama Sadness yang di Inside Out?” sambil nunjuk gua.
HA. HA. SIP DEH.

Sampai di Museum Angkut, kita berempat kaget melihat parkiran yang begitu ramai. Lebih parahnya sih pas udah turun dan melihat antrian yang cukup panjang. Kita semua ngira bakal agak sepi gitu tapi ternyata memang musim liburan sudah datang, jadi ketika udah masuk ke dalamnya…rame banget. Mau foto-foto pun jadi kurang leluasa tapi gua sebagai turis, mau rame mau kaga harus memanfaatkan kunjungan gua ini. Pertama masuk, kita disambut dengan jejeran berbagai macam kendaraan yang kinclong nan antique. Buat yang demen banget soal otomotif antik mungkin bakalan betah banget nongkrongin ruang pajangan pertama. And then we moved on to ruangan-ruangan lain yang menarik perhatian kita dan mostly emang isinya yang unik-unik gitu. Nah, setelah jalan lagi nelusurin museumnya, mulai masuk nih ke spot-spot yang bisa nambah stok foto kita and I call it tempat bersetting. Itu loh kayak yang di Universal Studios Singapore dimana kita bisa ngerasain kayak lagi jalan di tengah Hollywood atau di Broadway. In Indonesia, we have it here in Museum Angkut. Penasaran seperti apa? Let me show you the pics!













Gak kalah seru kan sama yang ada di luar negeri? 

Comments