mahasiswa jurnalistik, on duty (part 1)

Menjadi mahasiswa jurnalistik di sebuah universitas swasta di Tangerang*ceritanya ga mau sebut merek* bukanlah hal yang mudah. Kelihatannya sih seru ya, bisa liputan sana sini dan gua akuin emang seru. Tapi dibalik itu semua, ada usaha yang harus dikerahkan demi bisa liputan. Setiap orang punya kisahnya sendiri. I will tell you in my version.

Semester 3

Kalo di kampus gua, sistemnya itu penjurusan ada pas kita semester tiga. Di Ilmu Komunikasi, fakultas gua, penjurusannya terbagi jadi dua. Journalism and Public Relations (PR). Back then, sebelum masuk ke semester tiga, kita dapet mata kuliah Pengantar Jurnalistik dan Pengantar PR dan juga seminar penjurusan yang sebenernya ga guna-guna amat karena yang gua lihat, temen-temen yang lain juga tetep bingung mau ngambil jurusan apa. Untungnya gua dari awal udah fix banget bakal ambil Jurnalistik so I just sit and chill*sambil maem popcorn*

Untuk semester tiga ini, angkatan gua kedapetan jadi kelinci percobaan sistem baru di fakultas gua. Yang seharusnya kita pas ngisi krs bisa milih kelasnya sendiri, jadinya udah dipaketin. Kita cuma bisa milih mau ngambil berapa sks. Jadi ya.....kita bakal sekelas sama orang yang sama di semua kelas yang kita ambil. Kita sebenarnya ga setuju sih karena pengen banget bisa milih kelas dan nentuin jadwal sendiri sesuai kemauan kita tapi mau gimana lagi, jalanin aja duls.

Memasuki semester tiga, gua mendapat kelas Jurnalistik D dan ga banyak yang gua kenal di kelas itu. But I saw familiar faces from the lip-sync dubbing project (btw you can click this to see the video). Itu semacam project yang dibuat sama kampus gua dalam rangka teamwork building, lanjutannya dari character building pas semester satu. Ok, lanjut. Saat itu, gua rada takut ga nyambung sih sama anak-anaknya dan takut ga punya temen juga :( bayangin dong gimana kalo gua nasibnya kayak anak kecil yang pas masuk kelas cuma bisa berdiri diem kaga ngapa-ngapain, ngeliat suasana kelas yang isinya udah pada punya gengnya masing-masing dengan mainan andalannya :( *maaf lebay*. So the only way to survive is to get closer to orang yang gua kenal dan mencoba berbaur bersama teman-temannya di kelas itu. And it works. Ditambah lagi gua kedapetan sekelompok sama orang yang gua kenal itu bersama teman-temannya. Ya, lalu ku mencoba untuk blend in saja. Terus lama kelamaan jadi kenal anak-anak satu kelas. Thank God, untung mereka baik-baik jadi aku pun tidak takut lagi :3 hahaha najis dah sok imut. Ok, abaikan.

Nah, sekarang beralih ke tugasnya. Baru juga ngerasain penjurusan tapi langsung dapet tugas yang butuh pergi-pergi liputan. Yo, welcome to the club, calon jurnalis. Siap-siap capek dan deadline dimana-dimana. Jadi di mata kuliah Foto Jurnalistik, si pak dosen membagi kita ke beberapa kelompok dan kita disuruh dateng ke lima tempat di Jakarta buat ngambil foto disana. Tempat itu ada DPR, KPK, sekitaran Bundaran HI-Monas-Istana, GBK-Senayan, sama satu lagi lupa...kayaknya ada lima. Apa cuma empat ya lupa-_- pokoknya tiap minggu itu kita dirolling bakal pergi kemananya. Terus selain itu yang bikin kita pergi-pergi liputan juga, pas dapet tugas makalah di matkul Komunikasi Politik. Si pak dosen yang wajahnya sering menghiasi layar televisi itu (kalo misalkan kepo coba aja cari tau sendiri ya!) minta kita buat wawancara tiga narasumber wajib dan narasumber tambahan (kalo emang perlu) sesuai sama tema makalah yang kita dapet. Dan ga cuma itu, wawancaranya harus kita rekam dalam bentuk video. W-a-j-i-b. Kalo kepentok banget ya boleh deh ga pake video tapi itupun harus seizin dosennya. Terus makin kesini tugas liputan makin nambah padahal tugas yang lain belom kelar. Mantap! Tapi yang satu ini lumayan menarik sih, jadi kita dapet tugas di matkul Sejarah Jurnalistik buat wawancara wartawan yang udah berpengalaman di atas lima tahun. Kan lumayan kalo kedapetan wartawan atau eks-wartawan yang emang famous banget.

Nah kurang lebih itu tugas yang paling gua inget, sekarang gua ceritain sedikit suka dukanya ngerjain tugas-tugas itu. Mulai dari yang kelihatannya gampang, hunting foto. Karena beberapa tempat kayak DPR, KPK, atau Istana ga mungkin buat didatengin pas hari libur, kita memutuskan untuk izin cabut kelas. Hal ini juga berlaku kalo misalkan kita mau ketemu narasumber atau harus liputan tapi waktunya bentrok sama jadwal kuliah. Mau gamau kita harus izin, makanya harus bisa memanfaatkan jatah absen yang cuma 3 itu per matkulnya karena ga semua dosen mau putihin absennya. Biasanya sih anak-anak kelas pada izin pas kelas Komunikasi Antar Budaya karena dosennya yang super baik buat izinin kita. Gampang banget sumpah. Kira-kira kayak begini:
Mahasiswa: "Pak, maaf. Kita mau izin buat liputan ke KPK"
Dosen: "Oh ya, silahkan silahkan! Kalian tanda tangan absennya aja"

Gampang kan? But honestly, saking baiknya itu dosen kadang kita ga tega juga sih...
Ok, lanjut lagi ya. As I said before, hunting foto dalam konteks foto jurnalistik itu kelihatannya sih gampang, tetapi semua ini berubah pas udah nyampe di tempat. Kita bingung kira-kira mau foto apa. Jadi pas udah di tempat bener-bener mesti sabar karena belum tentu bisa langsung dapet foto. Dan yang paling penting kita harus mengandalkan kemampuan observasi kita. Hal kedua yang penting kalo mau jadi jurnalis selain skeptis adalah, be an OBSERVANT. Perhatiin apa yang ada di sekitar, siapa tau ada sesuatu yang menarik. Next, gua mau ceritain soal kesan-kesannya ngerjain tugas makalah Komunikasi Politik. Kelompok gua dapet tema studi kasus ruang publik. Sebenernya bingung juga sih apa hubungannya ruang publik sama komunikasi politik. Terus kita memutuskan buat studi kasus tentang Change.org, platform petisi online. Bermodalkan gugel, kita cari alamatnya tuh dan ketemu dua. Terus yaudah kita coba cari tau aja alamatnya, soalnya kita udah coba mention ke Twitter ga dapet balesan. Kita coba cari alamat pertama di Kemang, tapi pas dicari kok ga ketemu-ketemu ya....kita ampe bolak-balik gitu tapi hasilnya nihil. Yaudah kita coba ke alamat kedua di daerah Pejaten dengan bermodalkan Waze. Berkat kehebatan sebuah teknologi bernama GPS, kita dibawa ke sebuah perumahan dan bener aja kantornya itu di rumah. Kaget juga sih ada perkantoran tapi di rumah. Then we try to knock the door dan mendapat sebuah jawaban terus kita disuruh masuk tuh. Ternyata pas udah di dalem itu kantor isinya ga cuma Change.org aja, tapi ada Kitabisa.com, Indorelawan.org sama ada Public Virtue. Wow, this is interesting sih. Kantor berasa rumah. And it's getting more interesting when we entered Change.org's room. OMG. Nyaman banget berasa ruang santai gitu :') ada sofanya yang empuk banget! nih biar ga hoax gua tunjukkin foto barengnya aja ya HEHE. Terus kita ketemu sama salah satu timnya, sayang ga ketemu sama CO-foundernya. Terus sama mbaknya disaranin buat wawancara yang lain aja. Dikasih kontaknya segala macem dan dikenalin juga sih sama mas dari public virtue sama mbak dari indorelawan. Yaudah kita bikin plan untuk dateng ke kantor lagi di hari lain.

Berhubung kayaknya ini udah kepanjangan, gua lanjutin aja ya di part selanjutnya! HEHE*nyengir*
Nih gua kasih foto aja ya seperti yang gua bilang tadi. Anggep aja pengantar buat part selanjutnya.

CHANGE.ORG INDONESIA!

Comments