semester 5 bikin gila

Meskipun semester 5 udah berlalu (akhirnya) dan udah gak perlu dipikirin lagi tapi.…gak tau kenapa rasanya pengen cerita sedikit apa aja yang terjadi di semester 5. Semester paling berat kalo kata anak-anak kampus gua mah, bahkan beberapa teman di kampus lain juga setuju soal itu. Namun terlepas dari itu, entah kenapa gua ngerasa semester ini adalah yang paling seru dibanding 4 semester sebelumnya. 

Hari pertama kuliah di semester 5 gua udah gak enak bodi aja. This is not a good start. Pulang ngampus sekitar jam 2an badan gua panas. Yaudah akhirnya gua istirahat dengan harapan besok pagi keadaan membaik. Keesokannya gua bangun dan badan gua masih panas aja, udah gitu ulu hati rada sakit. Ternyata gua demam + maag, agak kocak sih sebenernya tapi bingung juga belom ngapa-ngapain kok udah sakit aja-_-. Terpaksa pake jatah absen 2 hari deh, untung baru minggu pertama jadi kayaknya gak bakal ketinggalan amat lah ya. Untungnya pas hari Kamis gua bisa kembali berkuliah.

Pada pertengahan September 2016, kampus gua lagi dapet kesempatan buat jadi venue acara internasional yang diadain sama Global Forum for Media Development (GFMD) & Dewan Pers. Namanya Jakarta World Forum for Media Development atau kita singkat aja JWFMD. Acara apa sih JWFMD ini? Jadi itu adalah forum besar gitu di mana jurnalis-jurnalis dan pengamat media di berbagai belahan dunia berkumpul untuk ngomongin masalah-masalah seputar media. Yes, itu dari berbagai negara di dunia :) Jadi selama 4 hari kampus gua dihiasi dengan orang-orang asing yang berseliweran. And the good thing is, gua berkesempatan untuk jadi volunteer di acara itu, jadi tim registrasinya. Senang banget sih soalnya bisa makan gratis! HAHAHA*kalo ada yang gratis langsung hepi ya*. Gak cuma itu, kamu juga bisa melihat bule-bule ganteng hahay! But seriously seru banget sih, terlepas dari 2 hal di atas ya. Gua jadi bisa mempraktekkan kemampuan bahasa inggris gua, communication skill juga sih.

Iseng ngajakin foto bareng salah satu peserta JWFMD dari kepulauan Karibia

Sebagian dari tim registrasi JWFMD bersama Stephanie from GFMD

Balik lagi soal makan gratis, gak cuma panitia dan partisipan acara doang yang bisa makan enak, tapi beberapa anak media kampus juga ikutan ngantri pas makan siang. Bahkan ada salah satu teman gua yang minta ditemenin ngambil makanan pas coffee break. Hahaha bener-bener ya. Tapi ya gak ketauan juga sih, so it’s fine tho. Sekalian ngabisin makanannya juga kan. OH YA! Bahkan waktu itu pas makan malem bareng salah satu pemilik media *** Group (nah loh tebak sendiri tuh grup media apa), anak-anak yang lagi ada kegiatan UKM di kampus disuruh ikut makan loh. Jadi hikmahnya, kalo mau makan gratis itu gak perlu jadi panitia(??) #lah.

Panitia JWFMD

JWFMD kelar, kesibukan gua belum kelar begitu saja. Gua masih harus ngurus photoshoot buat Paradisea Concertnya Miss UMN 2015. Ya, gua jadi panitia divisi dokumentasi untuk acara itu. Ditambah lagi tugas-tugas UTS yang berdatangan tanpa henti. Gua makin sulit buat bagi-bagi waktu sampai akhirnya….gua tiba-tiba tumbang. Sakit. DBD. Dirawat pulak. Dan itu seminggu sebelum UTS which is bikin gua makin gak tenang karena takut ga bisa ikut ujian :’) Loh kalo misalkan masih sakit sampe nanti UTS kan tinggal kasih surat dokter? Di kampus gua gak sesimpel itu. Kalo lu sakit lu mesti kasih surat dokter, hasil pemeriksaan, dll tapi itu juga tergantung udah berapa lama sakitnya sih. Kalo cuma seminggu mah kampus juga ga bakal mau. Lu kayaknya mesti koma sebulan dulu kali baru dikasih ijin. But akhirnya, Alhamdulillah, gua bisa keluar dari rumah sakit 2 hari sebelum ujian. Seenggaknya meskipun masih belum pulih gua bisa ikut ujian.

Oh ya kebetulan pas gua sakit itu dan setelahnya banyak yang kena DBD juga di kampus. Katanya sih gara-gara lagi banyak nyamuk terutama di gedung C, soalnya di sebelahnya lagi ada pembangunan gedung baru. Dan kayaknya gara-gara banyak yang sakit pas UTS itu, perihal izin gabisa ikut ujian karena sakit jadi dipermudah. Fiuh.

Panitia Paradisea Charity Concert

Uts berlalu, gua masih punya kesibukan lain yaitu Paradisea Charity Concert yang diadain awal November. Terus tugas-tugas juga makin gila. Mana hampir semuanya tugas kelompok. Lagi-lagi urusan bagi-bagi waktu. Gua kira setelah Paradisea selesai gua bisa agak tenang dikit gitu, taunya enggak. Duit dikuras terus demi tugas, demi liputan. But, gua agak sedikit excited karena awal Desember gua ke Malang tapi….buat syuting untuk tugas ya hahaha sekalian lah ya liburan colongan.
Nah ngapain sih gua syuting di Malang? Jadi itu tuh buat tugas UAS Feature Media Siar. Kita disuruh bikin program feature apa aja mau travel, sejarah, bulletin, dll dan kelompok gua memilih buat bikin program travel. Untuk yang ke Malang ini, mungkin gua bisa cerita lebih banyaknya di postingan sendiri atau mungkin nanti gua bisa posting tulisan behind the scene yang gua kasih ke dosen gua. Ditunggu aja ya. Sebenarnya yang bikin lelah dari ngerjain tugas ini tuh bukan pada saat syuting, tapi pas lagi ngedit videonya :) nungguin renderan yang lama :) ngupload yang lama :) udah gitu mana videonya sempet kena copyright yang membuat video yang udah di upload diblock :) But Thank God dosen gua ngasih izin buat perbaikin videonya dan video barunya sudah di upload kemarin. Ya, kalo mau iseng nonton boleh kok hehe.


TIM FMS!! (+Oto -Jenay)

Lalu ada tugas UAS Indepth Reporting yang juga gak kalah bikin pusing. Jadi kelompok gua ngangkat tentang penanganan pemerintah Provinsi Banten dalam masalah kesehatan jiwa. Kita harus merelakan waktu dan tenaga dan duit buat bolak-balik Tangerang-Serang demi mendapatkan informasi resmi dari pihak pemprov, buat nyari orang gila yang masih berkeliaran di jalanan, mencari alamat beberapa panti sampai nyasar, dan masih banyak hambatan-hambatan lain selama ngerjain tugas ini tapi pada akhirnya kelar juga.

KELOMPOK INDEPTH GILA

Sebenarnya masih banyak tugas-tugas lain yang membuat kami para mahasiswa jurnalistik semester 5 kelelahan. Namun, pada akhirnya kami berhasil melewati itu semua. Bodo amat nilainya nanti mau kayak apa, yang penting udah kelar. Bagi-bagi waktu itu susah banget, membangun kerjasama dengan orang yang lu gak tau dia cara kerjanya gimana juga susah. Kita juga pasti akan menemukan orang yang gak berbuat banyak selama kerja kelompok. But, you just have to go through it. Cause life gets harder and harder as we grow up.

Kalo kata tagline program Agung Bawa Perasaan mah “Digowo selow ae!” 

Sebagian dari anak kelas Feature Media Siar C 

Sebagian anak kelas Produksi TV 

Sebagian anak kelas Indepth Reporting F

*bonus foto kelas setelah semester 4 sama sekali ga ada foto kelas*

Comments