a flashback: hard times

Suatu malam, gua ngobrol sama teman gua, Dyza, di sebuah kafe di daerah Bintaro. Awalnya, Dyza ngajak gua ketemuan buat bantuin dia brainstorming ide project di kantor (dia lagi magang waktu itu). Lalu, entah karena apa tiba-tiba dia nyeritain pengalaman seorang teman gua yang pernah dibully waktu SMA, yang antara gua lupa atau ga tau sama sekali soal kejadian itu. Sebut saja teman gua ini Ana. Jadi si Ana ini tuh katanya suka diisengin gitu sama tiga orang cewe di kelasnya waktu kelas 10. Eh terus lama-lama isengnya jadi keterlaluan, si Ana sampai didorong dan ditarik rambutnya. Lama-lama ga tahan digituin, yaudah si Ana nangis deh. Abis itu, ada beberapa anak di kelasnya yang lihat dan diomelin lah tiga cewe yang ngebully Ana. Hal yang kita bingungin dari masalah teman gua, Ana, yang dibully itu adalah “apa sih yang membuat dia bisa dibully?”. Penampilan yang terlihat nerd? Ana ga kelihatan nerd sama sekali kok. Oh, what the hell is nerd anyway? Lalu kita berasumsi mungkin karena Ana ini orangnya pendiam kali ya. Gara-gara ngomongin soal Ana, kita jadi flashback ke pengalaman teman-teman gua lainnya yang pernah dibully, termasuk pengalaman gua sendiri.

Jadi, si Dyza diceritain sama salah satu temannya (yang juga teman gua), kalo gua tuh dulu pernah ditimpuk pake buku biologi waktu kelas 8. Itu iseng doang ya btw. Iya, isengnya ditimpuk pake buku cuy ke muka :) Bahkan gua sendiri lupa loh sama kejadian itu, malah teman gua yang inget. Katanya muka gua sampai merah dan mata gua agak berair gitu. Setelah diceritain kejadian itu, gua juga jadi inget waktu kelas 7 pernah diisengin oleh orang yang sama dengan yang nimpuk muka gua pake buku itu berdua sama temannya. Salah satu hal yang gua inget, waktu di lab fisika pas lagi praktikum apa gua lupa, kursi gua diolesin pake tomat, terus kalo ga salah gua dilemparin pake tomat itu. Udah banyak lupa sih gua sebenarnya diisenginnya diapain aja dan persisnya gimana.

Terus lanjut mundur lagi waktu gua SD. Gua cerita ke Dyza kalo dulu pas kelas 5-6 SD ada salah seorang cewe, sebut saja dia Ria. Ria ini tuh teman sebangku gua lah waktu kelas 5-6 SD itu. Nah kalo setiap ulangan tuh dia selalu nyontek sama gua, ya biasalah dulu kan gua pinter ea haha. Terus kalo misalkan gua ga mau ngasih contekannya, gua dicubit. Lalu sampai waktu kelas 6 SD pas lagi pelajaran IPS, tiba-tiba gua dipanggil sama gurunya. Bapaknya nanya apakah gua suka dicontekin sama si Ria soalnya dia mencurigai nilai si Ria yang bagus (mungkin biasanya jelek kali ya). Yaudah akhirnya gua jujur sama bapaknya kalo gua sering dicontekin, terus kalo ga salah bapaknya bilang jangan mau dicontekin lagi. Sejak saat itu, gua mulai ga mau dicontekin lagi dan bapaknya juga makin ngawasin gua sih, atau ga gua duduknya disuruh pindah kalo setiap mau ulangan. Lumayan jadi anak kesayangan ;) 

Nah, mundur lagi waktu kelas 4 SD ada satu anak yang sering menyuruh-nyuruh gua buat menuruti keinginannya, sebut saja dia Usna. Si Usna ini suka nyuruh-nyuruh gua beliin jajanan di kantin, oh ya beberapa anak juga pernah nyuruh gua beliin jajanan padahal gua ga ada niatan buat ke kantin. Bahkan yang lebih parahnya lagi si Usna ini pernah minta gua buat isiin SKAI nya dia. SKAI tuh kayak setoran hapalan surat-surat pendek sama doa-doa gitu, jadi lu bisa setoran hapalan ke guru (siapa aja bebas) terus nanti dapat deh tanda tangan dari guru. Jujur, gua takut banget sih buat ngelakuin itu, gimana kalo tiba-tiba gurunya ngeliat nama pemilik bukunya bukan gua. Terus kalo misalkan gua ga mau nurutin apa yang dia mau, dia ngancem gua bakal ngadu ke bapaknya. Yaudah akhirnya gua pasrah-pasrah aja buat ngelakuin itu.

Setelah flashback ke masa-masa itu, kita jadi berpikir kenapa orang-orang jahat ya kalo ngebully. Bahkan mirisnya, mungkin orang yang melakukan itu menganggapnya sebagai hanya sebagai candaan atau iseng belaka. Padahal kalo dilihat, diraba, diterawang (eh itu mah kalo ngecek duit asli apa engga ya) hehe kalo dilihat-lihat orang yang menganggap orang lain itu lebih lemah darinya dan ia ingin mempermalukan orang yang lemah demi menunjukkan kalo dia lebih dominan bisa dikatakan bullying sih. Apalagi kalo diikuti dengan tindakan fisik.

Lalu, gua jadi berpikir kenapa gua selalu pasrah, ga marah, atau ngelawan balik kalo dibully. Ya marah sih pernah, cuma kayaknya ga tegas jadinya ga kelihatan marah. Selain itu, gua juga ga pernah menceritakan kejadian-kejadian itu sedikitpun ke emak bapak gua, bahkan yang pas SD itu ga pernah gua ceritain loh. Biasanya kan kalo anak kecil lebih gampang lah ya cerita, tapi gua ga cerita. Gua bagilah keheranan itu ke Twitter dan ada satu balasan menarik dari seorang teman namanya Dante, “Kids were mean mel, you’re strong tho”. Melihat balasan tersebut, I realized that I was that strong as a kid. Di saat anak-anak lain mungkin ga akan tahan digituin, sampai akhirnya ngadu ke orang tua atau guru BP di sekolah, gua ngga melakukan itu. Pernah sih berurusan dengan guru BP, but I wasn’t telling the worst part. Did I cry because of bullying? Yes of course, tapi itu juga jarang. Lalu seperti yang gua bilang sebelumnya, I didn’t even tell my parents about it. Di saat ada yang mungkin punya niatan untuk bunuh diri karena dibully, gua sama sekali ga kepikiran soal itu. Gua memilih untuk menghadapinya. Kemudian, gua balas balasan tweet Dante, “yea I’m a strong kid back then”.

Comments