first time internship as intern

Salah satu narasumber yang pernah gue wawancarain bilang kalo pengalaman kerja itu penting banget. Well, I gotta say I agree with it. Pengalaman kerja itu penting dan gue akan cerita bagaimana pengalaman magang pertama gue. In the end, you'll know why it's important.

Pada akhir Agustus 2017, gue melakukan kerja magang di sebuah majalah franchise di Indonesia. Buat yang belum tahu maksudnya majalah franchise itu apa, itu adalah majalah asal luar negeri yang lisensinya dibeli sama perusahaan media di Indonesia. Kenapa gue memilih untuk magang di majalah? Karena gue dari dulu pengen banget punya pengalaman kerja di majalah. Lebih spesifiknya majalah perempuan. Sebenarnya agak nekat sih magang di majalah karena saat ini majalah sudah mulai kurang peminatnya bahkan gue ngga tahu orang masih mau beli majalah apa ngga. Gue sendiri udah jarang banget sih beli majalah. Yaudah tapi gue coba jalanin aja,

Baru beberapa hari magang, gue menyesali kenekatan yang gue lakukan itu. Apa yang bikin gue menyesal? Penyebabnya adalah karena gue mendengar rumor kalo majalah itu ngga lama lagi akan tutup + kabar kalo bakalan ada yang resign tapi ngga tahu berapa banyak. Awalnya sih gue biasa aja meskipun sedikit panik, tetapi suatu hari gue jadi kepikiran terus dan merasa emosional banget hampir mau nangis. The next day, I got my period. Yha. Ternyata gue merasa emosional karena mau dapet. Terus gue mulai kepikiran apakah gue harus keluar dan mencari tempat magang lain? Asli saat itu gue bingung banget. Saat itu kondisinya juga belum dapat dosen pembimbing magang karena belum diumumin jadi bingung mau cerita ke siapa. Oh ya, ini gue magang untuk memenuhi mata kuliah magang dari kampus ya. Beberapa hari setelah masa emosional itu, akhirnya gue memutuskan untuk lanjut. Ke depannya akan gimana, gue harus siap menanggung resikonya.

Sekitar sebulan kemudian, tepatnya akhir September, satu orang kantor resign. Gue baru tau kabar dia resign sekitar dua minggu sebelumnya. Dan ya, ternyata rumor soal ada yang mau resign itu beneran kejadian. Gue mencoba untuk tidak panik dan berusaha mengerjakan segala tugas yang harus dikerjakan. Sampai sekitar dua atau seminggu sebelum project fashion show yang majalah gue adain, dikasih tau kalo ada dua orang yang mau resign awal November. Gimana ngga makin panik tuh karena yang ngurusin majalahnya makin berkurang, apalagi yang resign ini jabatannya cukup tinggi. Lalu, kepanikan itu makin hari makin bertambah sejak tahu kalo ada dua orang lagi yang bakal resign juga akhir November. Alig. Gue udah makin ngeri aja tuh majalahnya bakal udahan sebelum gue selesai magang.

Jumlah orang yang semakin sedikit membuat pekerjaan gue semakin numpuk. Gue jadi berasa kayak pekerja tetap padahal diriku hanyalah butiran debu alias anak magang dan jadi tahu jeleknya perusahaan yang tanpa gue jelasin di sini pun mungkin udah tersebar luas di kalangan pekerja media. Lalu suatu hari, tepatnya Jumat malam sekitar jam tujuh atau setengah delapan, gue masih di kantor dan saat itu cuma tinggal gue sama art director. Di situasi itu, gue lagi kesulitan banget buat nyari narasumber buat suatu artikel yang gue kerjain. Asli, gue udah pusing dan bingung banget, ditambah partner magang gue yang juga terlibat dalam pengerjaan artikel tersebut kayak udah ngga mau ngebantuin gue buat nyari narasumber karena dia udah kontak beberapa narasumber. Di situ gue udah ngerasa putus asa, tapi kalo gue ngga bisa nemuin narasumbernya gue pasti bakal kena semprot ibu bos. Gue udah nahan-nahan biar ngga nangis, tapi gue malah ngomong ke art director yang masih di kantor. "Mas, gua pengen nangis dah". Terus yang gue ajak ngobrol ngga bales apa-apa sih, tapi dia kesian juga kali ya ngeliat gue yang lelah banget. Pas dia pergi dari mejanya, gue langsung jalan ke toilet karena udah ngga tahan pengen nangis dan....byar. Nangis juga gue meskipun ngga lama-lama juga karena hari makin malem dan gue harus pulang.

Singkat cerita, akhirnya gue berhasil dapat narsumnya dan udah ketemu juga meskipun gue bandel sih karena ada satu narsum yang gue kontak duluan sebelum nyetor namanya ke ibu bos. Ya, tentu saja gue karena perbuatan itu gue kena semprot dulu sama ibu bos tapi yaudah karena udah mepet deadline akhirnya lanjut aja sama narsum yang itu. Singkat cerita lagi, setelah seminggu pulang malem terus (paling malem jam 10 menjelang deadline), akhirnya kelar juga kerjaan gue untuk majalah edisi terakhir. Oh ya, gue lupa cerita saat menyelesaikan edisi terakhir itu jumlah orangnya cuma tujuh orang. Iya, segitu doang dikit kan :) tapi ya gue cukup bangga sih telah melewati masa-masa berat itu. Akhirnya pada 8 Desember 2017, gue resmi menyelesaikan magang di majalah itu. Untung aja ya majalahnya belum ngilang sebelum gue melangkahkan kaki dari gedung tempat majalah itu berada. Meskipun telah melewati berbagai kesulitan, setidaknya gue masih senang sih karena bisa liputan event hits, lihat langsung fashion show, makan gratis, dan dapet produk makeup gratis hahaha.

Hikmah yang bisa gue ambil dari magang ini adalah kita pasti akan melewati masa-masa tersulit dalam hidup kita. Percayalah, hidup kita ngga selamanya diberi kemudahan. Mungkin ini salah satu yang tersulit yang pernah gue lalui sejauh ini, tapi mungkin ke depannya masih ada lagi yang lebih sulit. Jadi, ya jalanin aja sih. Rasakan prosesnya dan belajar dari proses itu, siapa tau ada yang bisa dijadikan bekal untuk menghadapi ujian di kemudian hari. Melalui pengalaman magang, gue bisa tau dunia kerja itu seperti apa dan jadi punya gambaran untuk ke depannya nanti kalo gue udah kerja beneran. Sekian curhatan panjang dari anak baru magang, bhay!

Comments