10 film animasi kesukaanku

Terkadang film animasi bisa jauh lebih menyentuh dan menghibur untuk ditonton dibanding film live action. Makanya, gue suka banget nontonin film animasi. Bodo amat deh kalo gue kelihatan kekanak-kanakan. Mau tau apa aja film animasi yang gue suka? Berikut listnya:

10. Zootopia


Ini salah satu film yang menurut gue ramah banget buat ditonton semua umur. Filmnya menghibur banget buat ditonton, binatangnya gemes dan lucu-lucu banget! Pesan moralnya pun juga simpel tapi ngena banget. Kalo inget film ini pasti langsung inget soundtrack-nya, "I won't give up no I won't give in 'til I reach the end and I start again".

9. How to Train Your Dragon 2


Film pertamanya gue suka sih, tapi setelah nonton yang kedua jadi lebih suka! Suka aja dengan kehangatan yang terbangun ketika bertemu dengan keluarga yang dulu sempat terpisah, ya meskipun di akhir film perpisahan tetap terjadi, yha spoiler. Btw, Toothless di film ini semakin menggemaskan hihi sumpah gue sampe sekarang masih kepengen punya boneka Toothless :’) 

8. The Incredibles


Alasan gue suka sama film ini sebenernya simpel sih. Gue suka melihat sekeluarga punya keahlian supernya masing-masing. Badass sekali ya keluarga Incredibles ini, bikin gue jadi berandai-andai kalo keluarga gue masing-masing punya kekuatan supernya sendiri. Selain itu, gue juga naksir banget sama rambutnya Edna Mode! hahaha. Jadi ga sabar buat nonton film keduanya!

7. Inside Out


Sejak kemunculan film ini, banyak banget yang bilang gue mirip sama salah satu tokohnya yang namanya Sadness. Gue gatau harus senang atau sedih. Oh ya btw, gue suka film ini karena brilian aja sih bisa kepikiran buat bikin film tentang emosi-emosi yang ada dalam otak manusia and make a lil adventure of their own. Film ini juga nunjukkin kalo setiap emosi itu sebenernya complement each other kayak contohnya Sadness dan Joy di film ini.

6. Princess Mononoke


Meskipun film ini tergolong berat dan sadis untuk ditonton anak-anak, tapi gua suka sih film ini. Gue suka bagaimana tokoh-tokoh di film ini punya karakter yang kuat. Tokoh perempuannya ini sama sekali ga lenje dan berusaha untuk melindungi diri mereka masing-masing dan orang lain. Gue juga juga suka pesan moral yang dibawa dari film ini yakni bagaimana kita harus menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Selain itu, gua juga suka karena tokoh antagonis di film ini ngga benar-benar antagonis, Lady Eboshi is surely one of my favorite antagonist!

5. Up


Another Pixar movies yang layak masuk top 5 adalah film rumah terbang ini! Sumpah ya, I really love the idea of nerbangin rumah pake balon dan gua jadi beneran pengen kayak gitu. Gue kayaknya ga perlu jelasin panjang lebar kenapa film ini bagus, mending langsung nonton aja filmnya kalo belum nonton filmnya. It is a very touching movie with simple plot.

4. Mulan



Ini jadi satu-satunya film Disney Princess yang bikin gua terkagum-kagum nontonnya pas kecil. Gue yang kayak"Wah keren banget ya ada cewe yang nyamar jadi prajurit cowo buat gantiin bapaknya yang udah ngga kuat lagi buat berperang". Film ini juga membuat gua jadi berpikir kalo cewe tuh sebenarnya bisa melakukan apapun yang mereka mau dan break the stereotype. Filmnya pun juga didukung dengan tokoh-tokoh sidekick yang lucu seperti si Mushu dan si jangkriknya yang gua lupa namanya siapa hahaha. Alasan kenapa gua memasukkan film ini ke dalam top 5 karena film ini telah menjadi bagian dari masa kecil gue.

3. Coco


Akhirnya ada film animasi yang bagus di tahun 2017! Soalnya gua ngerasa di tahun 2017 ga banyak film animasi yang bagus. Visualnya mah ngga usah ditanya lagi keren banget apalagi pas yang di dunia orang mati, indah banget mau nangis :') Ceritanya pun juga keren sih karena mengangkat unsur budaya Meksiko yaitu perayaan Hari Orang Mati. Ini adalah salah satu film animasi yang bikin gue nangis karena menyentuh banget. Pesan moralnya pun bagus banget kalo dikaitin dengan realita: “selalu sempetin buat mendoakan keluarga atau leluhur kita yang udah ga ada di dunia”. Simpel kan? tapi ngena banget.

2. Toy Story 3


Udah nonton film ini sekitar 3-4 kali dan selalu nangis dong setiap nonton endingnya :’) Menurut gue film yang ketiga ini film Toy Story yang terbaik. Hal yang gue suka dari Toy Story ini adalah pertemanan dan solidaritas antar mainannya tuh kuat banget dan lucu juga bagaimana mainan bisa sesayang itu sama pemiliknya. Menariknya dari film yang ketiga ini, kita jadi punya sudut pandang gimana sih rasanya kalo mainan ga diperlakukan dengan baik oleh pemilik/orang yang maininnya. Pokoknya me luv it deh!

1. Spirited Away


I just love everything about this movie! Mulai dari animasinya yang memanjakan mata dan fakta bahwa animasi ini dibuat pas teknologi digital belum sesempurna sekarang merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Bayangin aja seberapa besar usaha yang dikeluarkan buat gambar secara manual, kemudian dijadiin animasi. Standing applause deh buat Hayao Miyazaki dan tim! Cerita dimulai dari seorang gadis dan ortunya yang nemu tempat yang sepi banget ga ada siapa-siapa terus tiba-tiba emak bapaknya berubah jadi babi gara-gara makan kebanyakan terus dia lari cari pertolongan terus abis itu ketemu cowo dan harus ngumpet supaya identitasnya ga ketauan sampai akhirnya dia kerja di pemandian. Siapa yang menyangka kalo plotnya akan kayak gitu? Ya, itulah yang gue suka dari film ini. Film ini juga pesan moralnya juga cukup ngena meskipun sebenarnya ga ditonjolkan banget.

Setelah melihat daftar film animasi favorit gue, mungkin cukup ketebak ya film-film yang bakal ada di daftar ini tapi ya begitulah selera film saya. Gue juga mengakui kalo gue sama sekali ga jago nulis review film, tapi yaaaa tidak ada salahnya mencoba kan. Yaudah, sekian dari saya, bhay!

Sumber gambar: The Verge, Cosmopolitan, Variety, Disney Wikia, Rolling Stone, IMDB, Slate, camerajapan.nl, cinemablend.com

Comments