japanese food is a true love

Source: Jakarta Post

Entah kenapa kalo lagi ngomongin atau mikirin soal makanan, otak gue seringkali larinya ke Japanese food. Gue sendiri juga ngga tahu apa yang membuat gue begitu cintanya sama Japanese food, bahkan yang rasanya decent atau kurang enak aja gue masih bisa berusaha untuk nikmati. Ya mungkin ini yang dinamakan dengan cinta, kita ngga perlu capek-capek nyari tahu kenapa kita bisa jatuh cinta sama sesuatu. Kita cuma tahu kita punya semacam koneksi, perasaan suka yang tak bisa dijelaskan kadarnya, dan kita rela melakukan apapun untuk sesuatu yang kita cintai. Eaaaa mantap, kak.

Siapa yang pertama kali mengenalkan gue Japanese food? Hokben did this job of course. Bahkan gue sempat meyakini kalo Hokben itu fast food dari Jepang, and it is actually not. But I still love it tho, meskipun menu yang gue makan ya itu-itu aja. Kalo lagi laper banget atau dibayarin ortu, gue pasti bakal pesan paket C (beef teriyaki, shrimp roll + egg chicken roll). Kalo lagi mode hemat ya pesan simple set atau hoka hemat 3. Btw, chocolate pudding mereka enak loh!! Gue suka banget karena flanya tuh cokelat bukan putih. Arrgghh enak deh pokoknya tapi ya emang rada mahal sih, terakhir gue beli sekitar 18 ribuan.

Japanese food lain yang sangat populer adalah sushi. Gue pertama kali makan sushi ya nyobain yang fusionnya gitu alias yang bentuk penyajian dan isinya udah macem-macem. Mulai makan nigiri dan sashimi gitu pas SMA kayaknya sih. Sebenarnya sashimi pun baru pernah coba salmon aja. Terus gue tuh termasuk yang agak aneh kalo makan sushi karena jarang banget pake shoyu (kecap asin), paling pakenya kalo pas makan sashimi aja, biasanya mah cuma pake bubuk cabe dan gue ngga pernah berani makan sushi pake wasabi. Takut akutu kepedesan kak. Sejauh ini restoran sushi yang pernah gue cobain ada Sushi Tei, Sushigroove, Genki Sushi, Sushi Matsu BSD, sama Nama Sushi. Jujur gue sendiri belum bisa menentukan mana yang paling gue suka tapi kalo yang paling sering gue datengin ya Sushi Tei karena paling gampang ditemukan (cabangnya dimana-mana cuy), meskipun ngga sefavorit itu sih. Kalo disuruh pilih sepertinya sih Nama Sushi, karena variasinya lebih banyak dan porsi satu sushinya tuh cukup besar.

Selanjutnya adalah…..bola-bola tepung goreng berisikan potongan gurita, disajikan dengan saus cokelat, mayonnaise, diakhiri dengan taburan potongan serbuk kulit ikan apalagi kalo bukan takoyaki! Sebenarnya menemukan takoyaki yang enak tuh rada susah, soalnya ya rata-rata kebanyakan tepungnya terus toppingnya udah macem-macem kayak keju, salmon, smoked beef, dan bentuknya mana kecil pula. Dulu awal-awal gue mengenal takoyaki tuh gara-gara makan takoyaki di food court WTC Serpong namanya Miyatako apa gitu lupa, tapi itu enak banget! Used to be my favorite takoyaki + harganya affordable, ukurannya juga ukuran normal takoyaki dan bisa milih mau isi empat, enam, atau delapan. Terus karena udah jarang kesana, jadinya gue terus mencari takoyaki yang enak. Sempet ketemu lah dengan takoyaki di Food Culture AEON yang jujur gue lupa namanya apa tapi sekarang udah ngga ada, sedih deh. Padahal menurut gue itu enak dan filling guritanya juga ga pelit-pelit amat, harganya sekitar 32 ribu/porsi. Untungnya sekarang sudah menemukan kesukaan baru yaitu Gindaco, yang beneran asli dari Jepang! :’) ya ampun senang sekali. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, the taste of takoyaki we expected for! Terus kalo di Gindaco juga ada pilihan yang toppingnya dipakein cheese sama saus mentai tapi lupa namanya. Itu enak juga sih kalo misalkan pengen ada sensasi lain. Personally, gue lebih suka yang original aja sih. Harganya memang tidak murah sih sekitar 50 ribuan, tapi sangat sangat worth to buy.

Kalo membahas masakan Asia ngga lengkap rasanya kalo belum membahas mie, a comfort food to many people in da world. Ramen Jepang adalah salah satu masakan mie yang paling gue suka. Hal yang gue suka dari ramen adalah penyajiannya yang menggugah selera dan porsinya yang biasanya besar. Mie yang disajikan dengan kuah kaldu, lengkap dengan topping potongan daging ayam, potongan telur rebus setengah atau tiga perempat matang, tak ketinggalan selembar nori. Duh bawaannya jadi kepengen datengin restoran ramen terdekat deh. Gue sendiri sudah mencoba beberapa tempat makan ramen. Yok kita absen satu-satu ya: Seirock-ya, Kazan Ramen, Hakata Ikkousha, Ramen Akashi, Menya Musashi, Ramen Ya, terus apalagi ya? Ternyata kalo diabsen ngga sebanyak itu ya. My favorite? Definitely Seirock-ya dan Hakata Ikkousha! Seirock-ya tuh udah ramennya Halal, pilihan kuahnya juga banyak dan rasanya mantep banget. Gue paling suka yang kuah ekstrim sih, dan yang gue kurang suka sih mie tebalnya sih. Jujur gue lebih suka mie yang bentuknya tipis dibanding tebal. Sementara yang gue suka dari Ikkousha meskipun kuahnya agak bening, tapi tetap berasa gurih dan kerasa ayamnya. Oh ya, gue sendiri nyobain Ikkousha di Senayan City soalnya No Pork sedangkan di cabang lainnya ada babinya. Meskipun gue sangat menyukai ramen, gue ngga bisa makan sesering itu karena harga semangkuk ramen tidak murah gais sekitar 50-70 ribu. Jenis mie lain yang pernah gue cobain adalah udon, dan tentu saja nyobainnya di Marugame Udon. Di Marugame gue paling suka pesan Curry Udon tak lupa dengan taburan kremes tempura, sedap kali lah.

Selanjutnya adalah semangkuk nasi dengan potongan daging alias gyudon. Kebetulan udah ada nih dua fast food Gyudon dari Jepang yang masuk Indonesia, Yoshinoya dan Sukiya. Kalo ditanya mana yang paling enak jujur gue belum bisa menentukan sih karena menurut gue dua-duanya sama aja? Gue sendiri kalo ke Yoshinoya atau Sukiya malah agak jarang sih pesan gyudon, pesannya paket karaagenya mulu HAHA maklum kak biar hemat. Selain dua itu, belum banyak nyoba-nyobain sih.

Sebenarnya masih banyak sih Japanese food lainnya kayak tempura, yakitori, okonomiyaki, terus Japanese bbq, dll. Oh ya, gue bahas makanan Jepang tapi kok ngga sempat nyebutin restoran Jepang ya? Emang belum pernah nyobain? Nah, kebetulan untuk restoran Jepang gue baru aja nyobain Kashiwa, salah satu izakaya di kawasan Little Tokyo Blok M. Apa itu izakaya? Izakaya tuh kayak semacam tempat buat minum-minum tapi ada makanannya banyak. Dulu gue sempat lewatin Kashiwa dan pasti selalu kelihatan antri panjang, keburu males duluan. Tapi setelah gue mencoba untuk sabar menunggu antriannya ternyata ngga selama yang gue perkirakan sih. Gue nunggu sekitar 30 menit kali ya, perkiraan gue tuh sekitar sejam ternyata tidak. Btw, Kashiwa nih enak-enak deh makanannya! Pilihannya tuh buanyak banget terserah dah tuh mau makan apaan aja. Kemarin sih gue pesan sate kulit ayam, Chicken Nanban (kayak chicken tender gitu), jamur enoki dililit daging gitu, gyoza ayam, sama nasi goreng ayam. Harga makanannya tuh 30 ribuan semua, tapi ada beberapa sih yang di atas 30 ribu. Kemarin aja gue makan totalnya sekitar 320 ribu udah sama minum, affordable kan? I would definitely come back dan nyobain menu-menu lainnya!

Btw, ngga nyangka gue bisa nulis soal Japanese food sebanyak ini. Tapi serius sih kayaknya ngga ada abisnya kalo bahas Japanese food. Terakhir, gue mau mengakhiri dengan wishlist tempat makan Japanese food yang pengen gue datengin. Yang paling pengen gue cobain tapi belum kesampean sampe sekarang adalah Coco Ichibanya, restoran curry rice dari Jepang yang udah ada di Indonesia lumayan lama dan kata orang-orang enak. Selain itu, gue juga pengen nyobain beberapa tempat makan rame seperti Ikkudo-ichi, Ippudo, Yoisho Ramen, Ramen 38 Sanpachi (semua aja oi pengen nyoba hahaha). Terus gue tuh pengen nyobain beberapa restoran Jepang di Senopati, mana banyak banget kan tuh pilihannya tapi mohon maaf harganya memang tidak ramah kantong orang yang belum berpenghasilan banyak ya.

So, what's your favorite Japanese food?

Comments