I witnessed panic attack for the first time

Baru kali ini dalam seumur hidup gua ngeliat orang kena panic attack yang sampe sesak, gemetaran, nangis dan ngerasa kayak mau mati. Itu kejadiannya lagi di kereta dan beneran ngga tau harus ngapain selain bilang “tarik napas”.

Sebut saja kedua teman gua ini Rara dan Tania. Sebelum Rara panic attack di dalam kereta, sebenarnya sekitar jam tiga sore Rara sempat kesulitan untuk nafas tapi ngga berapa lama udah baikan dan masih bisa jalan. Pas perjalanan pulang di kereta tiba-tiba Rara panic attack, lalu kita mutusin turun dulu di stasiun terdekat. Tania coba buat nenangin Rara sampai udah mendingan dan Rara juga udah sempat kabarin keluarganya sambil nangis. Setelah merasa agak mendingan, kita lanjutin perjalanan pulang. Ngga berapa lama setelah naik kereta tiba-tiba Rara gemetaran, sesak, dan nangis lagi tapi lebih parah. Kita coba nenangin dia lagi tapi entah kenapa saat itu gua tiba-tiba pengen nangis cuma ngga mungkin dong gua nangis di saat ada orang yang lagi panic attack. Akhirnya gua coba tahan sambil narik napas dalam-dalam dan kembali menenangkan Rara. Pas nyampe di stasiun tujuan, kita anterin Rara ke keluarganya yang udah standby nungguin dia begitu dapat kabar kondisi Rara. Saat itu gua masih berusaha untuk nahan tangis, tapi rasanya udah sesak banget pengen dikeluarin.

Begitu si Rara pergi, gua langsung minta Tania buat jalan ke halte dan pecahlah tangisan gua di situ. Tania yang tadi abis nenangin Rara dengan lembut ngelus-ngelus pundak gua. Gua sama sekali ngga peduli kalo tiba-tiba diliatin orang karena nangis, bahkan ada seorang ibu yang nanyain gua kenapa. Entah kenapa yang keluar dari mulut gua adalah “Gapapa saya abis liat orang panik, maaf bu”. Lah ngapain gua ngomong maaf ya ke ibu itu, ngasal banget gua jawabnya. Sebenarnya bingung sih kenapa gua bisa nangis, mungkin karena gua shock kali ya pertama kali liat orang panic attack sampe kayak gitu dan gua nya malah jadi ikutan panik juga?? Itu pun juga menjadi kali pertama Tania melihat Rara kayak gitu dan gua salut sih dengan kesabaran dia buat nenangin gua sama Rara.
Setelah masing-masing udah sampai di rumah, akhirnya kita bertiga membahas kejadian yang dialami Rara. Rara minta maaf sama gua dan Tania karena udah ngerepotin, dia sendiri ngga nyangka akan mengalami kejadian tersebut pas lagi ngga di rumah. Jadi Rara itu semenjak memasuki tingkat akhir kuliahnya, dia beberapa kali mengalami panic dan anxiety attack. Terakhir kali dia ngalamin hal itu, dia sampai minta dibawa ke UGD. Sekarang sih dia udah konsultasi ke psikolog dan sedang berusaha untuk mengurangi anxiety nya. Lalu gua sendiri akhirnya ngaku sama Rara kalo gua abis nangis setelah dia pergi dan juga berterima kasih banget sama Tania yang udah nenangin kita berdua hari ini. Jujur gua ngga tahu lagi gimana ceritanya kalo misalkan gua cuma berdua aja sama Rara. Tania cuma bilang kita harus bersyukur atas kejadian hari ini, karena dengan cara itu kita jadi semakin tahu satu sama lain. Awww gemas sekali!

Kejadian hari itu semakin membukakan mata gua terhadap mental health issue. Mungkin kita ngga akan pernah ngerti kalo cuma melihat teman kita sekadar cerita kalo dia depresi, stress, anxiety, dan sebagainya. Kebanyakan menganggap hal tersebut akan reda dengan sendirinya, ujung-ujungnya pasti menyarankan untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Namun percayalah, begitu kita melihat tanda-tanda fisik barulah kita akan paham bahwa kesehatan mental juga bisa berpengaruh ke kesehatan fisik dan untuk nyembuhinnya ngga sesimpel nyembuhin penyakit fisik.

Jadi, kalo kita ngeliat orang-orang terdekat kita mengalami masalah mental, kita harus ngapain? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberi kesempatan buat orang tersebut untuk mengeluarkan unek-uneknya dan dengarkan baik-baik! Pokoknya beri perhatian penuh terhadap dia. Kalo misalkan kita punya cerita atau apa, sebisa mungkin untuk tahan dulu. Lalu perhatikan baik-baik apa yang dia omongin, kalo konteksnya udah negatif cobalah untuk memberikan kata-kata positif buat dia TANPA terkesan menghakimi atau judgmental. Menurut gua ini penting banget untuk membantu mengubah mindsetnya, karena biasanya kalo mental udah goyah pikiran pasti ngaco. Yang terakhir adalah jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan atau konsultasi kepada ahlinya. Kalo misalkan kesulitan atau ngga mau mengeluarkan biaya konsultasi, sekarang udah cukup banyak kok yang menyediakan jasa konsultasi dengan biaya terjangkau bahkan gratis. Lebih baik konsultasi kan dari pada kita self-diagnosed dan ujung-ujungnya malah sok tahu.

Semoga cerita ini bisa ngasih gambaran ke kita terhadap pentingnya kesehatan mental. Stay healthy from the inside and outside!

Comments