how I become a badminton fan and my thoughts of other fans

Mungkin beberapa orang yang follow gue di Twitter sadar kalo gue akhir-akhir ini sering banget ngeritwit atau ngetwit soal bulu tangkis. Yup, gue emang lagi tertarik banget soal bulu tangkis dan gue akan cerita sedikit gimana gue bisa suka bulu tangkis.

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang dikenalkan kepada gue saat usia sekolah dasar setelah basket. Ngga perlu bermodalkan lapangan dan net pembatas, bermain depan halaman atau jalanan rumah juga bisa. Tapi gue ngga pernah sekalipun nonton pertandingan bulu tangkis secara langsung, paling ya nonton dari layar kaca aja dan ngga pernah tahu teknis pertandingannya secara detail. Nonton di tv pun sebenarnya hanya beberapa kali sih, itu pun kalo lagi kebetulan disiarin aja. Satu hal yang selalu terdengar di kuping gue kalo lagi nonton pertandingan bulu tangkis adalah seruan penonton “IN-DO-NE-SIA! prok prok prok prok prok”, sambil menabuh balon tepok yang dibagikan sponsor kepada penonton. Keriuhan penonton cukup meningkatkan mood gue dalam menonton pertandingan sekaligus membuat gue ingin menjadi bagian dari keriuhan tersebut.

2018 lalu gue berhasil mewujudkan keinginan tersebut melalui event Asian Games, di mana Indonesia (Jakarta dan Palembang) menjadi tuan rumah. Melihat lokasi event yang masih bisa gue sambangi serta mengingat bahwa event ini hanya diadakan empat tahun sekali, setidaknya gue harus menyaksikan langsung beberapa cabang olahraga yang dikompetisikan. Bulu tangkis langsung menjadi prioritas utama, alasannya karena ingin melihat Owi-Butet, pasangan ganda campuran kebanggaan Indonesia. Singkat cerita, gue berhasil mendapatkan tiket nonton 16 besar dan semi final individual event bulu tangkis. Gue pun semakin tidak sabar untuk datang ke Istora Senayan, tempat biasanya diadakan pertandingan bulu tangkis.

Begitu gue berada di dalam Istora, barulah gue paham dengan euforia orang Indonesia ketika menyaksikan pertandingan bulu tangkis secara langsung. Teriakan “IN-DO-NE-SIA”, sautan “eaaa” tiap kali atlet Indonesia memukul shuttlecock serta “huuu” tiap kali shuttlecock menyentuh raket lawan, gerakan ombak yang dilakukan sesekali sembari menunggu datangnya pemain Indonesia ke dalam lapangan, ternyata se-asik itu. Meskipun suasana ramai banget bagi gue yang ngga terlalu suka keramaian, tapi ngga tau kenapa setelah gue keluar dari Istora rasanya ingin balik aja lagi. Hal ini sekaligus menyadarkan gue kalo mengikuti pertandingan olahraga tuh sebenarnya seru, apalagi setelah melihat langsung kemampuan atlet-atlet kita yang keren banget. Akhirnya sejak saat itu, gue memutuskan untuk mendalami hal-hal teknis bulu tangkis, update dengan turnamen-turnamen bulu tangkis, dan tentu mencari tahu lebih banyak tentang atlet-atlet Indonesia bahkan jadi ngefans sama beberapa atlet.

Ngomong-ngomong soal ngefans, ternyata banyak juga loh masyarakat yang jadi makin perhatian sama dunia bulu tangkis dan ngefans sama atlet-atlet pasca Asian Games, waw gue tidak sendirian. Makin banyak bermunculan BL alias Badminton Lovers. Kemunculan para fans-fans ini juga menjadi perhatian gue sih semenjak menyukai bulu tangkis. Gue jadi sering banget lihat-lihat berbagai macam akun fans di instagram mulai dari akun yang isinya satu atlet/pasangan atlet aja, akun yang khusus ngomongin atlet-atlet Indonesia aja, sampai akun yang benar-benar bahas atlet siapapun baik itu yang Indo maupun luar. Di twitter pun juga suka lihat-lihat akun tertentu yang sering bahas bulu tangkis seperti Badmintalk, bahkan akun pribadi yang ngefans sama satu atlet pun gue lihat. Maaf ya untuk beberapa akun pribadi di twitter yang suka gue lihat-lihat twitnya hehe.

Lalu isi konten akun fans tuh sebenarnya apa aja sih? Berdasarkan pantauan gue sih biasanya isinya kalo ngga foto atlet ketika beraksi di lapangan ya repost foto/video/story yang menampilkan muka atlet favoritnya. Bahkan ada loh akun yang ngerekam live instagram atlet terus hasilnya diupload ke youtube. Gila sih terniat loh! Gue ngga mau sebut akunnya apa sih, tapi ada lah pokoknya cari tau sendiri aja ya. Udah gitu akun itu suka bikin vlog kayak semacam fancam gitu kalo lagi ada turnamen di Jakarta atau ada atlet yang lagi meet & greet. Tapi jujur gue lumayan sering nontonin video-video mereka loh hehehe. Sebenarnya konten-konten kayak gitu kelihatannya ngga penting sih, tapi di sisi lain konten kayak gini menunjukkan banyak hal salah satunya perlakuan fans terhadap atlet.

Dari video-video di akun tersebut, gue bisa menyimpulkan kalo fans-fans Indonesia itu tuh terniat dan royal banget sama atletnya. Mereka rela nyariin atletnya di mana pun atletnya lagi berada termasuk rela nungguin di hotel siapa tau bisa ketemu sama atletnya buat foto bareng. Banyak juga atlet Indonesia maupun atlet luar yang dikasih hadiah sama fans kita. Ya gimana atlet-atlet luar ngga senang ya setiap mereka datang ke Indonesia kalo disambut dengan antusiasme yang begitu besar. Namun di samping itu, ada beberapa hal yang membuat gue kesel. Gue beberapa kali lihat ada fans yang seenaknya langsung nyodorin hp ke arah atlet buat selfie bareng tanpa izin dulu bahkan ada yang sampai mepet dan nahan badan atletnya loh. Gila ya, ngga ada sopan-sopannya sama sekali. Gue jadi atletnya sih risih banget kali. Masih soal minta foto bareng, masih banyak fans kita yang suka ngga tahu waktu dan tempat yang baik buat minta foto bareng. Coba bayangin deh lagi habis tanding atau latihan capek, kucel eh ada fans yang pengen foto bareng, males ngga sih. Mending deh kalo menang, coba kalo abis kalah mood kan jelek ya. Terus ketika atlet lagi quality time bareng keluarga atau teman, kadang masih suka ada yang minta foto bareng. Gue pernah sempat nanya ke salah satu atlet soal ini dan dia bilang sebenarnya dia ngga nyaman kalo ada yang ngajak foto bareng pas dia lagi bareng keluarga. Terkadang gue salut sih sama atlet-atlet yang masih mau jabanin foto bareng di waktu yang ngga tepat padahal mereka berhak buat nolak, baik banget ya ampun. Tapi ada juga sih beberapa atlet yang emang ngga suka diajak foto bareng dan ada aja yang ngecap mereka sombong. Padahal ya itu risiko yang harus fans terima kalo atlet menolak foto bareng. Suka bingung aku tuh sama fans-fans yang model begini.

Melihat antusiasme fans bulu tangkis yang semakin menggila pasca Asian Games mengingatkan gue dengan fans-fans selebriti/artis. Entah ini hanya perasaan gue atau gimana, tapi gue merasa atlet-atlet bulu tangkis kita sekarang diperlakukan layaknya selebriti. Ini atlet loh, yang bertanding di lapangan untuk dirinya sendiri, bukan ditujukan khusus untuk menghibur kita seperti selebriti. Bahkan selebriti pun juga berhak untuk mendapatkan ruang privasinya. Atau mungkin emang guenya aja yang masih kurang paham sama konsep fans? Karena mohon maaf nih gue jarang banget ngefans sama orang. Gue lebih perhatian dan menikmati karya-karya yang dihasilkan dibanding lihat figur artisnya. Bisa dibilang gue baru merasakan jadi fans setelah menyukai dunia bulu tangkis ini. Cara gue ngefans emang beda sama kebanyakan orang yang wajib ngajak foto bareng atau nekat sksd ke idolanya. Waktu di event Kejuaraan Nasional 2018 lalu aja gue iseng nyapa atlet idola gue langsung gemetaran, gimana kalo minta foto abis itu kejang-kejang kali. Ya meskipun pada akhirnya gue berhasil berinteraksi dengan seorang atlet sih. Tapi setidaknya gue berusaha untuk selalu menghargai mereka.

Kira-kira gue bakal bertahan berapa lama ya jadi seorang fans?

Comments