japan winter trip 9D8N preparation (tokyo-osaka-kyoto)

Nah, kali ini gue mau kasih tahu berapa total biaya yang gue keluarkan pada trip ke Jepang awal 2020. Jadi, sekitar bulan September nyokap tiba-tiba ngomong pengen liburan ke Jepang. Gue yang emang dari dulu pengen banget ke Jepang tentu kaget tapi senang juga. Terus yaudah akhirnya gue diminta buat bikin itinerary tempat-tempat apa aja yang mau didatengin selama kurang lebih 10 hari.

Oh ya, btw ini liburan keluarga yaaa jadi tentu saja budgetnya akan berbeda dibanding kalo pergi sendiri atau sama teman. Tapi untungnya budgetnya tetap lebih murah kok daripada kalo kita pergi pake jasa travel. Trip ini untuk 4 orang selama 9 hari 8 malam, dengan destinasi ke Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Perginya pas musim dingin awal Januari 2020.

TIKET PESAWAT

Sekitar Oktober awal di Traveloka itu ada promo tiket pesawat ANA (All Nippon Airways), tapi sedih banget gue ga kebagian huft. Terus yaudah akhirnya tetep beli tiket pesawat Japan Airlines dengan harga pp per orang itu sekitar 8 jutaan. Emang mahal sih jatohnya, padahal kalo misalkan dapet diskon tiket pp bisa 6 jutaan per orang. Sengaja juga gue sekalian pilih Japan Airlines karena flightnya direct (ke Narita Airport), dapet makan, dan kapasitas bagasi ok. Total keseluruhan tiket buat 4 orang sekitar Rp 35 juta (termasuk asuransi perjalanan).

PENGINAPAN

Selama di sana, gue kebanyakan nginep di Airbnb, dan nginep di hotel cuma 2 malam terakhir. Untuk Airbnb, gue saranin banget buat pesan jauh-jauh hari paling nggak 2-3 bulan sebelum keberangkatan supaya pilihan tempat nginepnya banyak dan mungkin bisa dapetin harga yang nggak terlalu mahal.

Untuk 3 malam pertama di Tokyo, gue dapet di daerah Shinjuku dengan total USD 550 atau sekitar Rp 7,7 juta, artinya per malamnya bisa sekitar 2 juta. Fyi, harga Airbnb di Tokyo emang relatif mahal, jadi jangan expect buat murah ya. Tapi sebenarnya gue bisa dapat harga yang lebih murah sih cuma waktu itu karena pesannya agak telat sekitar awal November, jadinya nggak dapet yang murah deh.

Berbeda dengan Tokyo, harga Airbnb di Osaka lebih murah. Untuk 3 malam di Osaka, gue dapet dengan total USD 216 atau sekitar Rp 3,1 juta. Jauh banget kan bedanya ama di Tokyo? Bahkan secara fasilitas lebih bagus Airbnb yang di Osaka lho. Oh ya, gue sama sekali nggak nginep di Kyoto ya.

Lalu untuk 2 malam terakhir di Tokyo, gue nginep di Belken Hotel itu sekitar 800 m dari Tokyo Station. Total untuk 2 malam dan 2 kamar sekitar Rp 3,6 juta, jadi total per kamar 1,2 juta dan semalamnya cuma Rp 600 ribu. Gue belinya di Traveloka dan saat itu emang lagi diskon harganya hihi aslinya tuh per malem bisa Rp 700 - 800 ribu. Jadi, ini termasuk murah. Fyi, di Jepang itu kalo nginep di hotel diitung per orang. Jadi rate kamar 1 orang sama 2 orang itu biayanya beda ya.

TRANSPORTASI

JR Pass
Nah, kalo misalkan mau ke Jepang dan bepergian ke beberapa kota wajib banget beli JR Pass karena lumayan banget buat motong ongkos Shinkansen + bisa dipakai buat keliling kota (Tokyo, Osaka, Kyoto) dengan kereta yang beroperasi di bawah JR. JR Pass sendiri ada banyak jenisnya dan terbagi jadi 7, 14, dan 21 hari. Tapi waktu itu gue pilihnya yang Nationwide. Harga normal JR Pass Nationwide 7 hari itu sekitar Rp 3,6 juta. Tapi alhamdulillah gue dapat diskon cuma agak kocak nih karena ada 2 harga.

Harga setelah diskon yang pertama adalah Rp 2,6 juta yang gua dapatkan dari promo Traveloka diskon 1 juta berlaku untuk satu user, jadi gue sama nyokap beli duluan tuh JR Pass. Punya adek dan bokap menyusul dengan harapan nanti bakal dapat diskon yang sama pas Harbelnas Traveloka. Namun tentu saja tidak sama kak :) dan harga yang didapat akhirnya Rp 3,2 juta. Ya, lumayanlah daripada nggak diskon sama sekali.

Tokyo Subway Pass
Kalo pass yang satu ini bisa kamu gunakan untuk keliling kota naik kereta subway di Tokyo (kereta subway doang ya, bukan kereta JR). Tiketnya terbagi jadi 3, ada yang 24 Hours, 48 Hours, dan 72 Hours. Berhubung JR Pass cuma 7 hari sementara gue pergi selama 9 hari, jadilah gue membeli Subway Pass ini untuk keliling Tokyo di 2 malam terakhir. Gue pilih yang 48 Hours dengan harga Rp 115 ribu per orang (setelah diskon), harga normalnya Rp 150 ribu. Belinya di Traveloka.

Tiket Bus ke Bandara
Buat balik ke Bandara Narita, gue pake bus JR Expressway yang berlokasi di Tokyo Station, tepatnya di Yaesu South Exit. Harga tiketnya 1000 yen atau sekitar Rp 130 ribu dan tiketnya cuma bisa beli pas keberangkatan.

Tiket ke area Kawaguchiko (Gunung Fuji)
Ada beberapa cara buat ke area Gunung Fuji, naik bus sama kereta. Cuma kalo naik bus lebih mahal sekitar 2000 yen untuk sekali jalan dari Shinjuku. Sedangkan kalo naik kereta kita bisa pakai JR Pass sampai Otsuki Station, lalu beli tiket ke Kawaguchiko Station dengan biaya 1140 yen untuk sekali jalan. Tentu saja gue pilih yang naik kereta. Ini juga belinya on the spot ya.

TIKET ATRAKSI/TEMPAT WISATA

Universal Studio Japan
Harga tiket masuk USJ ini terbagi jadi 4 harga, dan ini bergantung banget sama tanggal kedatangan (pas lagi high season atau low season). Kalau mau tau harganya, pilih dulu ya tanggal kedatangannya. Kebetulan tanggal yang gue pilih itu yg low season paling murah sekitar Rp 998 ribu. Alhamdulillah dapet promo di Klook yang tadinya harga normal buat 4 orang sekitar Rp 4 jutaan, diskon jadi 2,8 juta! Lumayan banget kan? Jadi kudu pinter cari promo!

Osaka Amazing Pass
Kalau pengen ngunjungin beberapa tempat wisata di Osaka, mending pake Osaka Amazing Pass aja! Bisa dipake buat naik kereta juga lho. Pilihannya ada yang 1 sama 2 hari, gue pilih yang 1 hari dengan harga sekitar Rp 400 ribu. Emang mahal sih tapi worth it karena tiket masuk tempat wisata di Jepang itu biasanya Rp 100 ribuan.

Mori Art Museum
Tadinya gue mau ke Tokyo Tower kan, cuma ternyata dari Mori Art Museum ini kita bisa lihat pemandangan Tokyo Tower lho. Jadinya yaudah gue pilih kesini aja soalnya harga tiketnya nggak jauh berbeda dan jatohnya lebih worth it karena bisa keliling museum juga. Harga tiket per orangnya sekitar Rp 200 ribu.

Kebetulan gue beli tiket Osaka Amazing Pass sama Mori Art Museumnya barengan di Klook dan dapat diskon dari yang tadinya Rp 2,4 juta jadi Rp 2,1 juta.

UANG CASH DAN MAKAN

Makan
Untuk biaya makan sendiri jujur gue nggak bisa memastikan gue menghabiskan berapa karena nyari makan pun beneran yang senemunya aja di jalan atau ujung-ujungnya beli di konbini (mini market). Tapi tips dari gue adalah kalo mau sarapan beli aja di konbini! Cuma perlu budget sekitar 200-400 yen per orang! Terus buat makan siang sebaiknya cari yang budgetnya sekitar 600-800 yen, lalu buat makan malam kamu bisa pilih yang budgetnya 1000 yen. Budgetnya tentu bisa ditukar kok. Tapi jujur ujung-ujungnya gue lebih sering jajan di konbini sih kalo udah males nyari makan.

Nah, terus nyari makanan yang halal atau muslim friendly tuh susah nggak sih? Sebenarnya di Jepang tuh udah mulai banyak ya makanan yang muslim friendly gitu cuma harganya rata-rata 1000 yen. Tapi sebenarnya mah nggak usah terlalu diambil pusing sih yang penting menghindari makanan yang mengandung babi dan alkohol aja kan. Gue akan bikin postingan khusus deh soal makanan ini.

Untuk perkiraan budget makan per orang sehari itu kira-kira 2000 yen. Oh ya satu lagi, kalo mau bawa makanan dari Indonesia, gue saranin banget sih bawa mie instan yang banyak karena mie instan di Jepang yang muslim friendly dikit banget + nggak ada yang bisa ngalahin Indomie gais. Jangan lupa bawa kopi atau susu sachetan ya!

Uang Cash + Belanja
Untuk urusan belanja, ini beneran preferensi masing-masing. Tapi kalo misalkan mau belanja oleh-oleh atau barang-barang apapun dengan harga yang terjangkau, udah ke Daiso aja sumpah. Gue saranin sih beli peralatan dapur, harganya cuma 100-300 yen atau sekitar Rp 13-40 ribu tapi kualitasnya bagus cuy! Emak bapak gua beneran beli banyak banget di situ mulai dari mixer mini yang buat ngocok telur, tempat busa cuci piring, sumpit, timer dapur. Atau nggak coba datangin toko serba ada macam Don Quijote atau apapun deh di jalan banyak kok, di situ juga bisa beli skincare Jepang kayak Hada Labo, Biore, Kose, dan sebagainya.

Oh ya, buat yang punya kartu Jenius bisa banget dipake nih pas lagi Jepang. Lumayan banget buat bayar belanja di konbini, toko, atau bayar makan. Sekarang di Jenius bisa beli mata uang asing, caranya klik Card Center terus klik m-Card terus tinggal pilih deh mata uang yang mau dibeli. Waktu itu gue belinya sekitar seminggu atau 2 minggu sebelum keberangkatan dan dapat nilai tukar 1 yen = 128 rupiah! Gue tukar Rp 2 juta atau sekitar 20 ribu yen kalo nggak salah.

Sementara itu uang cash yang disiapin sama nyokap gue itu seinget gue sekitar Rp 8 juta. Terus pas di sana bokap gue sempat tarik tunai sekitar Rp 2-3 juta apa. Ya kira-kira total uang cashnya sekitar Rp 12-13 juta.

WIFI PORTABLE

Hampir kelupaan, barang yang satu ini nggak kalah penting apalagi kalo perginya rame-rame. Sekarang banyak kok wifi portable yang harganya terjangkau. Gue dapet di Passpod total selama 9 hari itu sekitar Rp 250 ribu per harinya itu kalo ga salah sekitar Rp 24 ribu, nah tapi dia ada uang deposit Rp 500 ribu (bakal dibalikin kalo udah selesai dipake) jadi totalnya 750 ribu lah.

VISA

Nah, ini nih yang paling penting. Kalo nggak ada ini, nggak bakal bisa masuk ke Jepang, kak. Biaya pembuatan Visa Jepang sekitar Rp 380 ribu per orang. Tapi, kalo misalkan punya e-Paspor biayanya gratis lho, cuma perlu bayar biaya administrasinya sekitar Rp 100 ribuan. Oh ya, pembuatan visa ini maksimal 1 bulan sebelum keberangkatan. Waktu itu sih gue buatnya bulan November ya.

Jadi, kira-kira rincian total per orangnya seperti ini:
Pesawat PP 8 juta + Penginapan 3,6 juta + Transport 3,1 juta + Tiket Tempat Wisata 1,2 juta + Uang Cash 4 juta + Wifi 250 ribu + Visa 380 ribu = 20,5 juta 

Total ini, tergolong cukup murah dibanding kalau pake jasa travel. Biasanya 20 juta itu cuma buat trip 5-6 hari doang. Jadi, lebih baik buat rencana sendiri kalo mau jalan-jalan ke Jepang. Tapi pastikan direncanakan dengan baik ya! dan kudu musti pinter-pinter cari promo!!! Wajib banget cek aplikasi kayak Traveloka, Tiket.com, Klook, Booking.com, Agoda, sama Airbnb. Bisa juga follow forum atau group traveler/backpacker, seperti yang dilakukan nyokap gue di Facebook biar cepat tau kalo ada promo fantastis!

Oh iya sebenarnya gue seharusnya juga membuat perkiraan budget buat pakaian musim dingin, berhubung gue kesananya pas musim dingin tapi.........jujur gue nggak tau budget yang dihabiskan nyokap gue berapa :') Cuma gue akan saranin beberapa toko online maupun offline yang gue inget.

Buat perlengkapan komplit musim dingin bisa coba cek Toko Lucky 88 di instagram sama Shopee ada, toko offline nya juga ada kok alamatnya bisa cek di ig nya. Buat beli baju bahan fleece nya bisa beli di Uniqlo atau Decathlon (kalo tinggal di sekitar Tangerang atau Jakarta). Terus kalo mau beli coat atau knitwear dengan harga terjangkau juga cek instagram laurenthans.id atau apa gitu usernya gue lupa. Nah, bisa juga nyari-nyari pakaian dingin bekas di Metro Atom Pasar Baru. Jangan lupa gunakan kekuatan nawar kalian ya! Kayak nyokap gue bisa nawar coat dari yang jadinya 400 ribuan jadi cuma 250 apa 300 ribu gitu kalo nggak salah. Gilak memang!

Sekian dulu postingan soal persiapan trip ke Jepang. Kalo mau nanya-nanya silakan tanya di sosmed gue okay wkwkwk see ya on the next post!

Comments