mencari makanan muslim friendly di jepang

Salah satu hal yang menjadi perhatian ketika pergi ke luar negeri seperti ke Jepang adalah makanan, khususnya bagi kita yang muslim, bakalan ribet. Tapi sebenarnya nggak perlu dibuat ribet kok dan sekarang nyari makanan yang aman bagi muslim di Jepang nggak terlalu susah. Seperti yang gue janjikan di postingan sebelumnya, gue bakal kasih tau beberapa makanan gue makan selama di Jepang dan dari mana aja sumber informasinya.

Di Jepang sekarang udah banyak organisasi dan komunitas muslim yang menyediakan informasi tempat makan yang ramah muslim. Bahkan di Facebook itu ada Halal Japan yang menyediakan informasi makanan dan minuman kemasan apa yang aman dikonsumsi oleh muslim. Selain itu, gue juga nyari beberapa info di gugel dan berikut yang gue pilih: makanan konbini muslim friendly, restoran halal dekat stasiun di Tokyo, rekomendasi restoran halal di Jepang.

Saking beragamnya pilihan tempat makan yang muslim friendly, jujur jadi pengen datengin semua rasanya. Tapi masalahnya, pengeluaran untuk sekali makan di restoran halal rata-rata mencapai 1000 yen atau sekitar Rp 130 ribu. Tentu nggak mungkin juga kalo tiap kali makan keluar 1000 yen. Jadi dari rekomendasi yang gue baca, gue pilih beberapa aja yang sekiranya bisa sempat gue datengin. Ini gue lakuin supaya membatasi budget makanan per hari yang sudah gue perkirakan sekitar 2000 yen per orang. 


Biasanya untuk menghemat budget gue selalu beli makanan buat sarapan di convenient store, atau yang disebut konbini oleh orang Jepang. Di Jepang terdapat tiga konbini ternama yaitu Family Mart, 7-Eleven, dan Lawson yang tersebar di mana-mana. Tentunya sebelum beli, gue udah cari tahu dulu makanan dan minuman apa yang aman buat dikonsumsi. Makanan yang jadi andalan gue biasanya nigiri salmon atau tuna mayo, fried chicken, sama jus buah (pilih jus buah yang tertera tulisan 100%). Totalnya cuma 300-500 yen aja per orang. Bahkan kadang-kadang kalo udah malem dan udah keburu capek nyari makan, gue jajan aja lagi di konbini beli Cup Noodles rasa Tom Yam (satu-satunya yang muslim friendly).

Oh ya berhubung gue nyobain onigiri dan fried chicken di tiga konbini yang gue sebutkan, gue mau ngasih review mana yang paling enak menurut gue. Sebenarnya kalo untuk onigiri tuh nggak jauh beda sih rasanya cuma overall paling enak tuh Family Mart punya. Sedangkan yang paling kurang menurut gue onigirinya Lawson. Waktu itu nyobain yang tuna mayo dan rasanya agak asin. Kalo untuk fried chicken, Famimart punya terbaik cuy! Asli dagingnya bisa juicy gitu coba?! Eh iya tapi gue juga suka karaagenya 7-Eleven deh! Waktu itu nyobainnya di bandara Narita. Coatingan tepungnya tuh beda, agak-agak kayak Shihlin kali ya dan nggak terlalu asin. Gue kalo misalkan tinggal di Jepang, tiap hari makanin fried chicken sama onigiri mulu kali ya saking enaknya dan mengenyangkan.

Lanjut ke tempat makan yang muslim friendly dan halal, gue punya beberapa rekomendasi yang menurut gue enak, worth to try, dan beberapa punya fasilitas tambahan. Oh ya perlu gua kasih peringatan, ini yang bakal gue rekomendasiin harganya di atas 1000 yen ya.

Gyukatsu Motomura, Tokyo



Restoran gyukatsu (beef katsu) ini cabangnya udah banyak, ada di Shinjuku, Shibuya, bahkan belakangan gue baru tau kalo di Akihabara juga ada. Cuma berhubung waktu itu gue lagi di daerah Shibuya, jadi gue datengin outlet yang di sana. Daaan lu harus rela ngantri lama cuy, satu setengah jam ada kali. Udah gitu ternyata mejanya cuma ada 9! Tapi di outlet yang lain setau gue mejanya banyak kok, jadi coba datengin outlet lain aja ya.

Di sini terdapat dua pilihan porsi 130 gram dan 260 gram. Karena udah kebingungan dan udah lumayan laper sekeluarga akhirnya pesan yang 260 gram alias porsi double! Oh iya itu menunya udah satu set gitu ya sama nasi, dipping sauce, dan miso soup. Sumpah, ini gyukatsu yang paling enak yang pernah gue coba! Kalau kalian grill dagingnya dengan tingkat kematangan yang pas, itu pas dimakan dagingnya bakal meleleh gitu di mulut. Asli gue sampai sekarang juga nggak ngerti kenapa bisa gitu??! Gue juga nggak tau bagusnya berapa detik buat ngegrill dagingnya, mungkin antara 7-10 detik kali ya. Jujur gue cuma pake feeling sendiri aja kalo urusan begini.

Intinya, Gyukatsu Motomura wajib banget kalian cobain kalo misalkan lagi ke Jepang! Meskipun harus ngantri dan harganya juga nggak murah, hampir Rp 300 ribu per porsi cuy atau sekitar 2000an yen. Tapi beneran worth to try! Nanti kalo ada waktu ke Jepang gue pengen makan ini lagi sih.

Yoshiya, Kyoto



Kalo lagi berkunjung ke daerah Arashiyama di Kyoto, coba deh mampir ke restoran Jepang ini. Letaknya nggak jauh dari coffee shop Arabica% yang terkenal itu. Yoshiya menjual beberapa varian menu seperti ramen, rice bowl set, serta shabu-shabu. Restorannya itu gabung sama tempat jualan oleh-oleh gitu dan nilai plusnya, di sana ada mushola jadi bisa sholat di situ deh.

Salah satu makanan yang gue pesan adalah Tempura Rice Bowl Set, yang datang dengan porsi besar. Isinya ada rice bowl, semacam cold tofu, sama soba dengan harga sekitar 1.200 yen kalo nggak salah. Menurut gue sih worth it ya, rasanya pun juga enak lho! Beda dari tempura yang biasa gue makan di Indonesia. Dia tuh kayak ada bumbu manis gurih gitu gue nggak ngerti itu emang dituang di nasinya apa di tempuranya. Pokoknya itu deh yang bikin beda. Terus berhubung di menu setnya ada soba, jadi bisa sekalian nyobain juga. Ternyata di lidah gue agak aneh ya, karena bayangin aja mie dingin dicelupin ke kecap asin hahaha kocak sih. Tapi sejujurnya gue masih penasaran pengen nyoba hot soba, siapa tau beda kan rasanya.

Ojibo Diversity, Osaka

Ketika mengunjungi Osaka, rasanya tak lengkap jika tidak mencoba okonomiyaki, yaitu pancake ala Jepang. Di daerah Dotonbori, Osaka gue nemu restoran okonomiyaki yang punya sertifikasi halal. Menunya pun ada yang vegetarian. Untuk satu porsi okonomiyaki, kita perlu merogoh kocek sekitar 1.800 yen. Mahal sih sejujurnya, tapi porsinya cukup besar dan tebal, tempatnya lumayan bagus, dan ada musholanya juga. 

Nah, selain makan di konbini dan restoran, gue juga beberapa kali jajan-jajan random di food stall di sekitaran tempat wisata. Contohnya pas gue lagi nunggu giliran masuk di Ropeway Fuji di Kawaguchiko, gue iseng beli stroberi karena penasaran sama stroberi Jepang. Ada yang udah ditusuk gitu seporsi dapet 3 buah harganya sekitar 200 yen seinget gue. Stroberinya manis! Masih ada asamnya dikit tapi nggak kecut kayak stroberi yang dijual di sini dan ukurannya pun sedikit lebih besar. Terus pas udah di atas (tempat ngeliat view Gunung Fuji nya), gue jajan karaage sama es krim matcha tuh. Enak banget dua-duanya huahaha rasanya pengen beli lagi serius tapi harus hemat budget nih kak.

Jadi, sebenarnya sih kalo dipikir-pikir santai aja nyari makanan yang bisa kita makan selama di Jepang. Toh yang penting kita menghindari makanan yang mengandung babi dan alkohol kan. Oh ya, gue saranin sih banyak-banyaklah jajan kak! Karena serius deh gue agak nyesel nggak terlalu jajan banyak selama di sana. Tapi jajannya pun juga harus diatur ya budgetnya! Cukup sekian dari gue, see ya on the next post!

Comments