Hospital Playlist vs Reply 1988

Belakangan kedua drama Korea yang tercantum dalam judul lagi jadi perbincangan netijen, yang satu baru aja kelar tayang dan satunya lagi udah lama sebenarnya tapi ramai diomongin lagi terutama di Twitter. Drama-drama ini karyanya Shin Won Ho PD-nim nih kak yang terkenal dengan Reply Series nya.

Awalnya gue tuh tertarik nonton Hospital Playlist karena kapan lagi lihat dokter-dokter kece pada ngeband bareng. Gua saat itu belum tahu kalo Hosplay ini bikinannya Shin PD. Pas Hosplay rilis di Netflix gue langsung tonton tuh karena aku tidak sabar kak kalo harus nunggu kelar dulu. Awal-awal episode 1 gue merasa nggak nyaman sama alur ceritanya yang lambat. Baru pas pertengahan sampai akhir episode 1 gue mulai klop dan tertarik buat lanjutin. Lalu gua ceritakanlah masalah ini ke teman gue dan barulah gue tau kalo ini karyanya Shin PD dan emangnya alurnya lambat + durasinya lama. Oke dari situ gue membiasakan diri dan akhirnya terbiasa juga. Didukung sama ceritanya yang makin seru dan alurnya yang semakin mengalir di episode-episode berikutnya.

Karena saat itu Hosplay masih on going, gue sambil nonton beberapa drama yang lain. Salah satunya Reply 1988, yang dari jaman kapan tau sebenarnya udah direkomendasiin banyak orang dengan highlight: endingnya nyesek banget. Pengalaman pertama nonton Reply 88 sama seperti Hosplay, gue nggak nyaman sama alurnya yang lambat. Gue kira Hosplay udah paling lambat, ternyata ini lebih lambat lagi*menangeees*. Awalnya gue nggak mau ngelanjutin tuh, tapi setelah membulatkan tekad akhirnya aku melanjutkannya sampai selesai.

Abis nonton Reply 88, mungkin lu bakal kangen sama masa kecil lu di mana lu main hampir tiap hari sama tetangga-tetangga lu. Dan salah satu bagian yang menarik, mengutip dari teman gue Nadia, makanan selalu dilibatkan dalam adegan ngumpul-ngumpul atau jadi sesuatu yang selalu dibagikan ke orang lain. Contohnya, di Reply 88 itu antar tetangga sering banget saling ngasih makanan. Sesuatu yang mungkin jarang dilakukan oleh kita ke tetangga, kalo pun iya pasti nggak sering kan.

Hubungan masing-masing 5 keluarga di Reply 88 diceritakan dengan porsi dan masalah keluarganya masing-masing, konflik dan karakternya pun juga dekat banget atau relatable sama kehidupan kita. Contohnya dari sisi karakter: ada satu keluarga, anak pertamanya itu pinter, jutek banget tapi sebenarnya dia orangnya hangat dan perhatian, sementara anaknya keduanya kurang pinter secara akademis tapi dia lebih pandai bergaul dan berinteraksi sama orang lain.

Terus bagian nyeseknya di mana kak? Wah gue kayaknya nggak perlu bocorin lagi ya siapa orang yang nyesek karena udah tersebar di mana-mana juga hahaha tapi yang pasti sih nyeseknya soal percintaan. Jujur gue nontonnya bukannya nyesek malah kesel sih. Abis nonton adegan nyesek itu gue sampe bilang berkali-kali "Nggak, nggak gini caranya.....kenapa harus begini sih??!" 

Nah kalo Hosplay gimana nih kak? Wah asli sih baru kali gue nonton drama Korea sampai susah move on lho. Sampai detik gue bikin postingan ini gue masih liatin konten terkait Hosplay bahkan masih ngulang-ngulang soundtracknya! Padahal kalo dipikir-pikir ceritanya tuh cuma tentang kehidupan sehari-hari dokter di rumah sakit yang konfliknya relatable bukan yang dramatis scripted banget. Bahkan ya Hosplay ini diomongin sama dokter-dokter lho! Waktu itu gue pernah nemu di Youtube ada dokter Korea yang review tiap episodenya dan pernah baca di Twitter seorang dokter, intinya mereka bilang kehidupan sehari-hari dokter di rumah sakit digambarkan secara detail dan realistis di Hosplay.

Bagi gue, highlight pertama di Hosplay ini adalah pertemanan 5 dokter yang jadi tokoh utamanya. Gambaran pertemanan mereka dikutip dari twit Cenayang Film, "Tak mencampuri urusan jika memang tidak diminta, tau kapan harus mendengar kapan harus ngasih masukan, becanda sederhana tapi lucu". Ini bener banget sih! Mungkin karena umur mereka yang udah 40an juga kali ya jadinya bisa sedewasa itu pertemanannya. Salut juga sih di waktu mereka yang sibuk banget jadi dokter tetap sempetin buat ngumpul dan ngumpulnya itu pasti makan-makan sama ngeband. Awet juga loh pertemanan yang mereka mulai dari jaman sekolah kedokteran sampai di umur mereka yang sekarang.

Higlight kedua yang menurut gue juga jadi nilai +++++++ dari Hosplay adalah band scene! Sumpah ya gue tiap nontonin mereka ngeband jadi pengen punya band sendiri sama teman :( daaan aktor-aktornya pada mainin instrumen musiknya lho! Mereka benar-benar yang latihan serius mempelajari alat musik yang mereka mainin. Lagu-lagu yang mereka mainin pun nggak gampang, bahkan mereka mainin Canon dooong, halooooo CANON LOHHH! Nggak percaya aktor-aktornya mainin alat musiknya sendiri? Tenang, kalian bisa nonton buktinya di Live Perfomance mereka di channel Youtube Na PD, sutradara beberapa variety show terkenal di Korea. Oh ya, btw Hosplay ini bakal ada season 2 nya loh bahkan kabarnya sih mau dibikin sampe 3 season. Waw jarang-jarang nih drama Korea.

Kayaknya dari cara gue memaparkan dua drama tersebut, udah keliatan yaaa gue suka yang mana hahaha maaf kak aku proud #bucinhospitalplaylist nih. Tapi tenang aja kak, sejauh ini sih kalo gue liat-liat masih banyak yang suka Reply 88. Intinya nih, lu kalo nonton Reply 1988 bakal inget ama keluarga, sedangkan kalo nonton Hospital Playlist bakal inget teman-teman lu.

Dua drama ini sama-sama rekomen banget lah buat ditonton dengan cerita yang ringan dan relatable. Oke kata relatable terlalu sering digunakan tapi jujur kalo nonton sendiri akan paham kenapa gue memilih kata itu hahaha. Orang bilang, Reply 88 drama terbaik dari segi apapun, baik cerita, sinematografi maupun musiknya. Nah, Hospital Playlist pun nggak kalah bagusnya, bahkan dari segi musik jauh lebih baik sih! Dijamin pengen dengerin semua lagu-lagunya deh!

Oh ya, kalo mau nonton gue saranin mulai dari Reply 88 dulu ya baru Hosplay. Tapi, kalo misalkan mau nonton semua karya-karyanya Shin PD urutan nonton yang disarankan orang kayak gini: Reply 1997 - Reply 1994 - Reply 1988 (Reply Series) baru abis itu nonton Prison Playbook - Hospital Playlist (Wise Series).

Sekian dan selamat menikmati drama Korea di tengah pandemi ini! Salam dari gue, penonton drama Korea sejak Indosiar nayangin Full House hahahahaha wkwkwkwk

Comments