how I become a kpop fangirl


Bisa dilihat dari kedua gambar di atas nunjukkin Top Artists Spotify Wrapped gue di 2021 dan 2022. Keduanya punya kesamaan, sama-sama ada grup K-pop. Berawal dari cuma iseng dengerin lagu-lagunya, sampai jadi ngefans sama beberapa grup idol. Here's how I discover myself as a K-pop fangirl.

Sebenernya gue dari dulu udah dengerin lagu-lagu K-pop kok, cuma ya sebatas dengerin beberapa aja kayak SNSD, 2NE1, sama Super Junior. Itu pun cuma dengerin lagu-lagu yang menurut gue nyantol di kuping dan mostly cenderung lebih suka sama lagu-lagu girl group dibanding boy group karena gue ngerasa kalo boy group agak terlalu hiphop. Gue lupa kapan pastinya gue dengerin tapi ya pas jaman SMP-SMA lah jadi antara rentang 2010-2012. 

Tapi di masa itu ya gue biasa aja sama K-pop soalnya emang lebih tertarik sama K-drama sih, jadi bener-bener ga ngikutin K-pop sama sekali. Kemudian move forward ke 2017 di mana saat itu lagi hitsnya banget BTS bahkan sampe temen gue yang seorang wibu bisa jadi suka K-pop gara-gara BTS dan bikin dia nonton konsernya juga. Di situ gue masih tetap belom tertarik sama K-pop cuma ya jadi tau lah beberapa idol group yang lagi didengerin orang-orang. 

Kalo ngomongin soal lagu juga, gue malah lebih banyak dengerin OST K-drama sih dibanding lagu K-popnya sendiri dan ini makin memuncak lagi setelah drama Hospital Playlist keluar tahun 2020. Gue bener-bener jatuh cinta sama dramanya termasuk OST nya yang gue dengerin terus bahkan yang Season 2 nya pun juga. Dari sini malah jadi makin eksplor OST drakor lainnya.

Fast forward lagi ke sekitar 2021 gue agak lupa di mana saat itu temen gue yang lain surprisingly ngefans sama DAY6, idol group yang konsepnya anak band. Dari yang dia suka ceritain kesukaan DAY6, lama-lama gue jadi tertarik buat dengerin apalagi mereka lebih kayak band kan dibanding idol group. Tapi awalnya gue tuh gak dengerin DAY6 nya, tapi lagu sub unit nya yang namanya DAY6 (Even of Day) pas banget saat itu mereka lagi ada album Right Through Me. Nah, dari sini lah gue jadi dengerin terus semua lagu-lagunya DAY6 EoD ini sampai akhirnya gue jadi dengerin lagu-lagu DAY6 yang lain deh. Tapi ya emang gak yang langsung nyantol kok, ada beberapa lagu yang mesti gue dengerin beberapa kali baru suka. Yang bikin gue makin tertarik sama mereka ya karena vokalnya yang bagus puoool dan hampir semua membernya bisa nyanyi, and of course konsep band mereka yang beda dari yang lagu K-pop lain. Selain denger DAY6, gue juga dengerin lumayan banyak lagu IU karena berhasil nyantol di kuping gue dan juga beberapa lagu BTS kayak Dynamite, Life Goes On, sama Blue & Grey. Bisa dilihat juga sih dari Top Artist Spotify Wrapped 2021 gue.

Ga jauh setelah gue dengerin DAY6 terus, gue juga dengerin lagu Red Velvet walopun ga se-intens DAY6 ya. Gue tuh lupa pertama kali tau Red Velvet dari mana, tapi mulai dengerin tuh kayaknya setelah mereka ngisi OST nya drama Start Up. Tapi intinya, gue ga tau kenapa jadi eksplor dengerin lagu-lagunya RV terutama title tracknya kayak Russian Roulette, Queendom, dan Bad Boy. Terus pas Feel My Rhythm keluar, of course gue dengerin dan suka. Dari situ juga makin eksplor lagi lagu-lagunya RV dan tambah suka. Selain RV, gue juga mulai mengeksplor girl group lainnya dan yang paling nyantol sih Twice dan New Jeans yaa. Meskipun udah dengerin DAY6 dan RV, gue saat itu masih jadi pendengar karyanya aja sih. It's basically how I love and enjoy an artist btw, gue bukan tipe yang ngefans garis keras harus ngikutin kehidupan mereka. 

Tapi, di 2023 ternyata beda cerita. Sebelum ke 2023, kita agak mundur ke sekitar akhir tahun 2022, temen gue yang 'ngeracunin' gue dengan DAY6 itu ngomong gini, "Kalo lu suka DAY6, pasti lu akan suka Seventeen deh". Kondisinya saat itu dia lagi demen-demennya sama Seventeen, dan kayaknya sih dia dalam misi meracuni gue lagi setelah sukses bikin gue demen DAY6. Cuma jujur saat itu gue mencoba menahan diri biar ga tergoda lagi. Walopun yaaa tetep sih ngetes dengerin lagu-lagunya Seventeen dan ada lah 1-2 yang nyantol.

Seperti yang kita tau di 2023 dunia perkonseran lagi gila-gilanya dan of course mendengar kabar simpang siur kalo RV mau dateng ke Indo bikin gue tertarik buat nonton. Tepat di momen itu gue juga merasa kayaknya ga ada salahnya deh gue buat nonton konser RV walopun belom bisa dibilang fans berat, tapi gue lumayan banyak dengerin lagu mereka dan appreciate their music. Jadi, gue ngerasa alasan itu tepat buat nonton konser mereka dan alhamdulillah rejeki gue bisa nonton mereka meskipun sedih ga bisa liat Joy karena dia absen sakit.

Nah, bersamaan dengan keputusan gue untuk nonton konser RV itu, gue tiba-tiba jadi tertarik sama Seventeen gara-gara sub unit mereka BSS ngeluarin album baru dengan title tracknya Fighting yang sekarang jadi lagu yang didengerin orang-orang kalo berangkat kerja wkwk. Pas dengerin lagu itu gue naksir sama suara salah satu membernya, DK. Dari situlah gue mulai ngulik lagi Seventeen, dan ternyata dia salah satu member yang nyanyiin lagu OST Hospital Playlist. Padahal gue suka lagunya tapi anehnya gue saat itu ga ngulik Seventeen. Terus ga jauh dari ketenaran BSS, Seventeen ngeluarin album barunya tuh yang FML dan of course karena gue penasaran ya gue dengerin dan....wow gue makin tertarik!

Akhirnya ya dari situ gue mulai dengerin lagu-lagunya Seventeen deh. Tapi yang makin bikin gue jatuh cinta sama Seventeen ya karena nonton program di YouTube channelnya mereka yang namanya Going Seventeen, yaa variety show nya mereka lah bisa dibilang. Gue ngerasa mereka nih lucu-lucu banget ya orangnya dan ngeliatin mereka tuh kayak berasa punya temen baru gitu. Dari nonton Going Seventeen (GoSe) juga gue jadi sedikit paham seninya ngikutin boy group karena kontennya tuh ada aja dan biasanya seru-seru. And right at that moment.....I finally go deeper into the kpop boy group world. Setelah gue berhasil nonton GoSe, gue mutusin buat beli album FML karena kebetulan gue suka lagu-lagunya dan suka sama konsep albumnya. Terus juga jadi mulai ngenalin member-membernya dan pastinya jadi punya bias juga HAHAHA OMG. Gila sih racun temen gue ini berhasil lagi, gue rasa dia pasti happy banget sih.

Intinya gue jadi makin paham lah kehebohan para fangirl K-pop ngikutin idol group kesukaan mereka. Selain itu, gue juga mulai beli beberapa fan merch K-pop yang ternyata gemes-gemes banget! Gila sih gue amaze sama fans K-pop yang super kreatif bikin fan merch yang lucu-lucu. Dan yang gue sadarin juga, ternyata fase fangirling gue ini bikin gue happy dan tetap waras di tengah struggle gue dalam menjalani kehidupan sebagai orang dewasa.

Bener-bener ga nyangka kalo gue akan mengalami fase ini sih. Kira-kira bakal bertahan sampe kapan ya fase fangirling gue ini? Let's see aja deh ya wkwkwk

Comments